Sukses

Inikah Sosok di Balik Proyek Mobil Pintar Apple?

CEO Apple Tim Cook kabarnya telah mendapuk salah seorang karyawan senior Apple bernama Steve Zadesky untuk memimpin proyek mobil pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor terkait proyek mobil pintar Apple terus bergulir. Menurut sumber terpecaya kepada Wall Street Journal (WSJ), proyek mobil pintar Apple ini sebenarnya bukanlah hal yang baru.  

Pasalnya Tim Cook selaku CEO Apple konon telah menyetujui proyek ini sejak setahun silam. Bahkan Cook juga dikabarkan telah mendapuk salah seorang karyawan senior Apple bernama Steve Zadesky untuk memimpin proyek rahasia ini.

Entah kabar mobil pintar Apple ini benar atau tidak, namun yang pasti nama Steve Zadesky mengundang rasa penasaran banyak orang. Siapakah sebenarnya dia? Dan apa saja yang sudah ia lakukan untuk Apple, sehingga bisa terpilih untuk memimpin sebuah proyek rahasia?

Bagi Anda yang penasaran, laman Business Insider telah merangkum sejumlah fakta yang diketahui terkait Steve Zadesky. Berikut ulasannya:

- Laporan WSJ menyebutkan bahwa Zadesky kini memimpin sekitar 1.000 karyawan di proyek mobil pintar Apple. Kabarnya ia diberi keleluasaan untuk merekrut orang dari dalam maupun luar perusahaan. Ia bersama timnya digosipkan bekerja di fasilitas rahasia yang terletak tak jauh dari kontor pusat Apple di Cupertino, California.

- Laporan Financial Time menginformasikan bahwa Zadesky beberapa waktu belakangan ini kerap melakukan perjalan ke Austria. Perjalanannya itu diyakini sebagai usaha mencari rekanan manufaktur untuk merakit mobil pintar Apple.

- Zadesky diketahui memiliki latar belakang otomotif. Di tahun 1996-1999, ia sempat bekerja di Ford sebagai seorang insinyur teknis.

- Zadesky bergabung dengan Apple di tahun 1999. Proyek pertama yang ia tangani adalah pengembangan iPod generasi pertama.

- Zadesky juga terlibat dalam proses kelahiran iPhone. Bahkan kabarnya sejumlah paten teknologi penting yang diterapkan pada iPhone adalah buah karyanya.

- Nama Zadesky juga tercatat di dalam banyak paten teknologi milik Apple.

- Dalam struktur perusahaan Apple, posisi Zadesky berada di dalam divisi desain yang dipimpin oleh Jony Ive.

- Zadesky adalah sarjana teknik mesin dari Berkeley University dan mendapatkan gelar masternya di Standford University. Ia pun kini tercatat sebagai salah satu anggota dewan penasihat eksternal di fakultas teknik mesin Berkeley.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.