Sukses

Transformasi Jaringan, XL Siapkan Dana Rp 50 Miliar

PT XL Axiata Tbk (XL) terus melanjutkan program transformasi jaringan ke berbagai kota, termasuk luar jawa, pada tahun ini.

Liputan6.com, Tangerang - PT XL Axiata Tbk (XL) terus melanjutkan program transformasi jaringan ke berbagai kota, termasuk luar jawa, pada tahun ini. Untuk merealisasikan rencana tersebut, XL menyiapkan dana sekira Rp 50 miliar.

Program transformasi jaringan akan dilanjutkan ke 10 kota besar. Untuk di Jawa, kota-kota yang menjadi prioritas tahun ini adalah Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, dan Sidoarjo.

Pada tahap awal, program ini mencakup Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, dan Denpasar. Dari kota-kota tersebut, rata-rata 92 persen program sudah tercapai. Khusus untuk Bogor, Surabaya dan Malang, bahkan telah selesai.

Diungkapkan Direktur Managemen Service XL, Ongki kurniawan, pihaknyamengalokasikan dana sebesar Rp 300 miliar untuk mentransformasi jaringan di Jakarta dan Surabaya pada tahun lalu.

"Transformasi jaringan ini tergantung dari tingginya kebutuhan pelanggan di masing-masing kota," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (25/2/2015).

Ongki mengaku bahwa dana untuk transformasi jaringan pada tahun ini memang tidak sebesar tahun lalu.

"Kalau tahun lalu dananya lumayan besar untuk transformasi karena kami dalam tahap belajar arsitektur jaringan. Dana yang dialokasikan untuk transformasi sekarang diambil dari belanja modal," sambungnya.

Program transformasi jaringan sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas jaringan XL, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Program ini dijalankan dengan meningkatkan kualitas jaringan melalui modernisasi, desain menyeluruh, implementasi yang tepat waktu, akselerasi alih teknologi 2G menuju 3G, dan optimasi. Hal tersebut dipadukan dengan aspek bisnis seperti merancang strategi pemasaran, prioritas penjualan, dan strategi distribusi yang tepat.

Hasil sementara yang telah tercapai berupa 97 persen area di setiap lokasi program telah ditopang oleh Base Transceiver Station (BTS) 3G. Selain itu, 93 persen area diklaim telah memiliki sinyal kuat dengan rata-rata kecepatan akses data mencapai 1,1 Mbps dan tidak ada paket data yang drop.

XL berharap kecepatan akses internet dengan adanya transformasi jaringan dapat ditingkatkan hingga 5 Mbps. Tak hanya kecepatan akses internet, program ini diklaim mampu meningkatkan kualitas layanan voice dan pengiriman SMS.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.