Sukses

Layanan 4G LTE XL Sambangi 10 Kota Tahun Ini

PT XL Axiata (XL) akan semakin agresif menggelar layanan 4G Long Term Evolution (LTE).

Liputan6.com, Lombok - PT XL Axiata (XL) akan kian agresif menggelar layanan 4G Long Term Evolution (LTE). Perusahaan yang beroperasi secara komersial sejak 1996 ini berencana menggelar layanan 4G LTE di 8-10 kota.

Saat ini layanan 4G LTE XL secara komersil telah digelar di tiga kota yaitu Yogyakarta, Medan dan Bogor. XL kini tengah menggelar uji coba layanan 4G LTE di Jakarta dan Surabaya.

Menurut Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, akan ada 3 kota lain yang akan segera mencicipi teknologi telekomunikasi mobile generasi ke empat tersebut pada kuartal I 2015. XL akan lebih leluasa mengembangkan 4G karena pemerintah akan segera memperbolehkan penggunaan frekuensi 1800 Mhz.

"Tahun ini 4G akan diperluas ke 8-10 kota lain. Untuk saat ini, penggunanya memang masih di kota-kota besar dan ternyata respon dari konsumen lebih besar dari perkiraan kami," jelas Dian dalam acara XL Media Gathering 2015 di Lombok.

Dijelaskannya, XL dalam mendorong penetrasi 4G LTE berkaca pada perkembangan dua teknologi sebelumnya yaitu 2G dan 3G. Sama seperti di 2G dan 3G, handset memiliki peranan penting.

"Penetrasi 3G selama 10 tahun ini hanya 30 persen, pertumbuhannya lambat karena terkendala dari sisi handset. Bila kita lihat 2G, saat banyak handset-nya di bawah Rp 300 ribu, langsung penetrasinya meningkat," tuturnya.

Selain handset, ada tiga hal penting lain dalam mendorong penetrasi 4G LTE yaitu jaringan, aplikasi dan edukasi kepada konsumen. Namun menurut Dian, perjalanan 4G LTE untuk mengalahkan penetrasi teknologi sebelumnya masih panjang.

Persiapan 4G LTE sendiri tidak mudah. XL mengaku telah melakukan persiapan sejak 2010 dengan melakukan technical trial dan live trial pada 2012. Persiapan lainnya termasuk menjalani proses perizinan.

"Prediksi kami puncak trafik 3G itu saat 2020, setelah itu akan dikalahkan oleh LTE," tutupnya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini