Sukses

Situs Lenovo Tumbang Diterjang Hacker `Pasukan Kadal`

Serangan Lizard Squad terhadap Lenovo kali ini diperkirakan merupakan reaksi dari skandal 'Superfish'.

Liputan6.com, Jakarta - Situs resmi Lenovo.com dilaporkan tumbang diserang hacker. Menurut laporan The Hacker News, Kamis (26/2/2015), kelompok hacker Lizard Squad mengklaim bahwa merekalah yang telah membuat down situs resmi salah satu produsen komputer terbesar di dunia itu. 

Saat tim Tekno Liputan6.com mencoba mengakses laman Lenovo.com, situs tersebut memang sedang dalam keadaan down. Di bagian laman mukanya disematkan pesan, "Mohon maaf. Situs Lenovo saat ini tidak tersedia dan secepatnya akan kembali normal." Hal serupa juga terjadi ketika mencoba mengakses laman Lenovo.com/ID untuk regional Indonesia.

Jurnalis The Hacker News, Wang Wei, dalam laporannya menjelaskan bahwa pada source code yang terdeteksi di laman Lenovo.com, ditemukan jejak dua hacker kenamaan yakni Ryan King dan Rory Andrew Godfrey. Sebelumnya kedua hacker ini memang dicurigai merupakan bagian dari kelompok hacker Lizard Squad.

Serangan 'pasukan kadal' terhadap Lenovo kali ini diperkirakan merupakan reaksi dari skandal 'Superfish'. Pihak Lenovo belum lama ini telah mengakui bahwa jajaran produk notebook mereka yang dikapalkan pada periode September 2014 kemarin mengandung malware. Melalui siaran pers resminya, produsen asal Tiongkok itu mengaku telah menyisipkan software bernama Superfish.

Superfish sendiri tergolong ke dalam malware jenis 'adware' yang berfungsi layaknya fitur add-on pada browser internet. Dengan adanya fitur tersebut, ketika pengguna mengakses browser internet, secara otomatis akan muncul banyak iklan digital ke situs-situs yang dikunjungi.

Keberadaan Superfish ini selain memakan banyak memori, ditengarai juga berbahaya karena menyisakan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan para hacker.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini