Sukses

Cerita Pengguna OLX, Transaksi COD Masih Jadi Andalan

Punya barang tak terpakai namun masih dapat digunakan orang lain? Di OLX Anda bisa memberikan penawaran yang terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi internet yang pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya dalam hal berbelanja untuk memenuhi gaya hidup maupun kebutuhan sehari-hari.

Jumlah pengguna internet di Indonesia yang begitu besar dan masyarakat yang terkenal konsumtif atau gemar berbelanja telah mendorong lahirnya banyak situs-situs belanja online.

Kini, belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh online shopping menjadi daya tarik sendiri. Mulai dari menghemat waktu, praktis tidak perlu mengantri atau bermacet-macetan, mudah mencari barang yang diinginkan, bisa dapat promo-promo menarik, tidak terbatas waktu dan masih banyak keuntungan lainnya.

Kemajuan teknologi dan pembangunan tidak hanya membuat situs belanja online bermunculan, barang-barang yang diperjual belikan juga berkembang pesat dari waktu ke waktu. Sebut saja paling simpel berhubungan dengan elektorik dan aksesoris pendukungnya, otomotif, dan property sehingga selalu saja ada baru hampir di setiap waktu.

Kemunculan barang-barang baru ini tentu saja menggoda masyarakat untuk memiliki dan akhirnya membeli. Lantas akan dikemanakan barang sebelumnya? Dan bagaimana dengan orang-orang yang terkendala finansial, namun ingin memiliki barang baru agar dapat merasakan teknologi baru.

Untuk Anda yang ingin sesuatu yang baru tidak selalu harus membeli barang baru karena di OLX Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dengan kondisi barang terjaga kualitasnya.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

Barang-barang di OLX Memiliki Harga Kompetitif

Bagi Anda yang memiliki barang tak terpakai namun masih bermanfaat dan dapat digunakan orang lain di OLX Anda bisa memberikan penawaran yang menarik dan kompeftitif.

Di situs jual-beli OLX, Anda bisa percayakan kualitas barang yang akan dijual maupun dibeli. Tampilan yang sederhana namun padat informasi dan fitur-fitur yang modern memberikan kemudahan bagi para member untuk melakukan transaksi jual-beli.

Para member lama maupun baru sepakat untuk mengatakan bahwa OLX masih yang terbaik karena berbagai kemudahan yang diberikan. Uniknya, meskipun zaman sudah serba canggih dan transaksi bisa dilakukan secara online. Para member OLX yang ditemui Liputan6.com masih setia menggunakan metode Cash on Delivery (COD).

Para member OLX yang ditemui liputan6.com ini sudah banyak dan sukses melakukan transaksi jual-beli di OLX mulai dari barang bernilai ratusan ribu hingga puluhan juta, dari aksesoris gadget hingga motor dan mobil. Kebanyakan dari mereka selalu puas dengan barang yang ditawarkan member lain melalui OLX dan langsung deal dengan transaksi COD.

Sebut saja Adi, karyawan di salah satu lembaga pemerintah ini melakukan transaksi COD untuk pembelian dan penjualan mobil yang harganya kisaran 100 Juta.

Selanjutnya...

3 dari 5 halaman

2

Jalin Relasi Dengan Teman COD dan Pengguna OLX

"Waktu itu ada calon pembeli yang datang langsung dan membawa uang. Kemudian ada calon pembeli yang sudah sangat tertarik tapi terlambat karena barang sudah terbeli," ujar Adi.

Adi mengungkapkan banyaknya orang yang mengakses OLX, membuat barang yang ditawarkan memiliki kesempatan besar untuk laku. Sebagian besar transaksi jual-beli dilakukan dengan cara COD karena lebih aman dan pasti untuk melihat barang.

"Pengguna OLX kan banyak jadi mudah untuk menjual dan mencari barang yang diinginkan. Sukses dengan member satu jadi berlanjut ke member yang lain. Jadi sangat membantu untuk membangun kepercayaan dan menjalin relasi," jelas Adi.

Adi melanjutkan, tidak jarang usai melakukan transaksi jual beli terjalin pertemanan di social media setelah dengan pengguna OLX lain. Misalnya ketika sedang pasang profil picture baru tentang liburan atau hal acara menarik biasanya akan saling bertegur sapa.

Hampir serupa dengan Adi, Katon, seorang karyawan swasta juga merasa sangat diuntungkan dengan keberadaan OLX. Dirinya mengaku termasuk pengguna aktif karena berjualan online menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Harga barang-barang di OLX juga cenderung lebih kompetitif dan bersaing. Keunggulan utama adalah memiliki banyak pengunjung sehingga ketika menjual barang bisa cepat direspon tidak perlu nunggu berhari-hari. Untuk transaksi, Katon punya persyaratan tersendiri.

Selanjutnya...

4 dari 5 halaman

3

Berbagai Informasi Dengan Sesama Penjual atau Pembeli

Sebagai penjual, Katon juga lebih sering melakukan transaksi COD. Ketika Katon melakukan penjualan barang, dirinya membuat persyaratan yakni meminta pembeli mengirim uang muka sebagai komitmen.

"Sewaktu COD-an nanti bisa dicek lagi, kalau gak cocok uang muka dikembalikan. Ini dilakukan untuk memastikan keseriusan pembeli karena masih ada pembeli yang coba-coba," jelas Katon.

Untuk COD ini katon mengaku lebih sering melakukan pertemuan ditengah-tengah antara lokasi dirinya dan pembeli.

"Lebih sering ketemuan di mini market atau cafe lebih enak nunggunya dan aman," ujar Katon.

Terakhir Katon bercerita baru menjual casing smartphone dan membeli portable PS4.

“Sore pasang iklan casing smartphone, malam sudah banyak yang nanyain dan besok sudah laku. Kalau barang yang dibeli, kemarin baru beli portable untuk PS4. Harganya oke, kebetulan deket rumah jadi ketemuan juga,” pungkas Katon.

Dalam proses jual-beli online, Katon pun berbagi tips. Mulai dari teliti belanja online dengan melihat barang yang dijual dan riwayat penjualan member OLX. Aktif bertanya dan tak ragu untuk memberikan penawaran. Selanjunya bangun kepercayaan dengan pembeli maupun penjual.

"Jalin hubungan baik dengan siapapun, jadi kalau mau beli atau jual barang bisa saling berbagi informasi," ujar Katon yang berteman baik dengan beberapa pengguna lain di OLX.

5 dari 5 halaman

4

Berharap Ada Menu Lelang Barang

Pengguna lain bernama David, mengaku rutin mengakses OLX karena menjadi kiblat dari setiap penawaran barang –barang yang dijual-beli secara online. Kini dirinya sedang gencar mencari rumah atau tanah untuk segera dimiliki. Selama menjadi pengguna OLX, motor merupakan barang penjualan termahal . Kepada Liputan6.om David menyampaikan beberapa harapan seperti adanya menu baru dan penguatan sistem keamanan.

"Fitur-fitur dan tampilan OLX sudah oke. Malahan forum lain cenderung ingin seperti OLX. Mungkin kedepannya OLX bisa ada menu baru untuk pembelian dengan cara lelang. Supaya bisa lebih menarik dan banyak menarik user. Terlihat seru karena akan ada persaingan tawar menawar harga. Keseriusan pembeli juga bisa terlihat disini,” jelas David.

"Kalau ada penjual yang tidak bertanggung jawab, secepatnya di block atau di banned agar tidak merugikan yang lain," tambah David.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini