Sukses

XL & NTB Kembangkan Smart City di Lombok

Konsep smart city ini adalah mengimplementasikan TIK sebagai solusi yang berguna bagi masyarakat.

Liputan6.com, Lombok - PT XL Axiata Tbk (XL) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membangun smart city (kota pintar) di Lombok. Konsep smart city ini adalah mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai solusi yang berguna bagi masyarakat.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur XL Dian Siswarini dan Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, serta disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, di Kantor Gubernur NTB, Kamis (26/2/2015). Selain Lombok, Indonesia sebelumnya telah memiliki smart city di sejumlah wilayah seperti Yogyakarta dan Bandung.

Bagi XL, smart city memiliki dua tujuan utama yaitu menyediakan kesetaraan di berbagai lapisan masyarakat secara global, sehingga bisa mendapatkan informasi melalui jaringan internet. Kedua adalah menghadirkan berbagai aplikasi dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bukan hanya dari sisi peningkatan infrastruktur.

Smart city adalah salah satu bentuk dukungan terhadap implementasi Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan) "Konsep smart city sebenarnya sudah diterapkan dan dikembangkan di sejumlah wilayah, tapi belum maksimal karena masih banyak yang harus dibereskan," tutur Dian kepada awak media dalam acara peresmian XL Xmart City di Lombok, NTB.

Untuk tahap awal, program bernama XL Xmart City ini antara lain meliputi penyediaan fasilitas website bagi panti asuhan, rumah yatim dan membantu pengembangan bisnis online melalui layanan e-commerce Elevenia bagi masyarakat di Pulau Lombok. Untuk penyediaan fasilitas website akan diawali terlebih dahulu dengan pilot project di Mataram dab ibukota-ibukota kabupaten yang ada di Lombok.

Penyediaan fasilitas ini untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakat, memberikan shodaqoh, serta anak-anak panti dapat belajar cara membuat website. XL juga akan menyiapkan pengajaran mengenai Internet Sehat dan mendorong masyarakat untuk menyediakan konten-konten positif.

Adapun untuk pengembangan bisnis online melalui Elevenia, XL akan memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada masyarakat mengenai cara memanfaatkan ketersediaan akses TIK untuk menjalankan bisnis online.

"Saat ini kami sedang mendiskusikan dengan Pemerintah Daerah Lombok untuk dapat memberikan layanan lain seperti pembayaran pajak secara online, dakwah online dan iklan berbasis lokasi bagi pengusaha lokal. Soal infrastruktur, kami juga akan tetap membangun jaringan di Lombok," tutur Dian.

Smart city disambut baik

Lebih lanjut, Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, kehadiran smart city semakin membuktikan bahwa internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian besar msyarakat.

Senada dengan Dian, Amin berharap masyarakat Lombok dapat lebih mudah mendapatkan informasi karena jaringan internet yang telah memadai. "Masyarakat bisa menjadi semakin pintar dengan kehadiran smart city dan kami berharap konten-konten yang dapat merusak mental masyarakat di internet akan diblokir," ungkapnya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.