Sukses

Google Ciptakan Software yang Bisa Mainkan Game Sendiri

Software besutan Google ini bisa bermain game dan mendapatkan skor lebih tinggi dari Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali berinovasi menciptakan sebuah software yang menarik. Kali ini, sebuah software artificial intelligence (AI) telah diciptakan dan didesain oleh Google untuk bermain video game sendiri.

Mengutip informasi yang dilansir laman Arcade Sushi, Senin (2/3/2015), software AI ini juga dapat mengalahkan musuh ataupun mengatur strategi untuk menang dan melewati sebuah level di game. Bahkan, software ini juga telah melakukan uji coba untuk menyelesaikan 49 game di Atari 2600.

Untuk membuktikan seberapa besar kemahiran AI dalam bermain game, DeepMind Technologies yang juga merupakan perusahaan milik Google mencoba melakukan uji coba AI dalam memainkan game jadul (jaman dulu) yang berjudul Breakout, sebuah game klasik dimana Anda harus melempar bola untuk menghancurkan blok berwarna-warni.

Tujuan uji coba tersebut dilakukan Google supaya bisa melihat sejauh mana AI bisa mencari sebuah solusi dan membuat strategi dari masalah ataupun pekerjaan yang rumit.

Terlihat jelas bahwa AI mampu menyelesaikan game ini secara mudah dengan strategi yang telah didesain. Tim pengembang AI ini mendesain software ini dengan teknologi sistem neural network, dimana sering digunakan untuk mengaplikasikan masalah image recognition, yang memang dapat diterapkan di video game untuk mendapatkan hasil skor yang tinggi. 

Software ini memang dibuat tak hanya untuk mendapatkan skor tinggi di video game, namun, Google telah berencana untuk mengembangkan AI dalam beberapa tahun ke depan untuk isu yang lebih tersegmen, seperti mampu menavigasi sebuah mobil.

Semoga aja AI dapat berperan penting untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari, tak hanya jago bermain game dan mendapatkan skor tinggi.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.