Sukses

Rawan Begal, Netizen Cetuskan Solusi #PulangKonvoi

Hashtag #PulangKOnvoi sendiri pertama kali diramaikan oleh akun @PulangKonvoi.

Liputan6.com, Jakarta - Begal menjadi momok yang sangat meresahkan beberapa waktu belakangan ini bagi warga masyarakat Ibukota dan sekitarnya. Para pengendara motor yang kerap pulang malam harus selalu waspada lantaran intaian para penjarah motor.

Meski pihak berwajib kini semakin giat melakukan pengawasan, namun mayarakat tetap diharapkan dapat turut serta dalam membasmi begal. Salah satu solusi yang belum lama ini dicetuskan oleh netizen, khususnya para pengguna Twitter adalah gerakan #PulangKOnvoi.

Hashtag #PulangKonvoi sendiri pertama kali diramaikan oleh akun @PulangKonvoi. Akun Twitter ini mengajak para pengendara motor yang selalu pulang malam untuk saling memberi informasi dan mengatur jadwal pulang bersama bagi yang memiliki tujuan serupa.

Dalam penjelasannya akun @PulangKonvoi memaparkan, "Disaat kamu mau pulang tapi udah malam, kamu butuh teman konvoi." Cara yang harus dilakukan untuk mengatur rombongan konvoi adalah dengan me-mention akun @PulangKonvoi dan tentukan waktu pertemuan, tujuan konvoi, dan lokasi pertemuan.

Dari sini, tweet pengguna akan retweet oleh akun @PulangKonvoi dan mengajak para pengguna lain untuk meramaikan rombongan konvoi. Contoh, "Ada yang mau #PulangKonvoi tujuan depok? Kita kumpul di pom bensin Ps. Minggu jam 20.00 WIB @PulangKonvoi."

Cukup menarik bukan? Tak ada salahnya bagi Anda yang sering pulang malam menggunakan sepeda motor untuk mencoba solusi ini.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini