Sukses

Stadion Timnas Inggris Bakal Dilengkapi Internet 400 Mbps

Dukungan dari Qualcomm dan Huawei akan membuat layanan komunikasi cepat itu bisa dinikmati para pengunjung markas tim nasional Inggris itu

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi komunikasi terus dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan komunikasi di seluruh dunia. Berbagai pihak tengah berupaya melakukan peningkatan kualitas transfer data yang bisa disediakan dalam teknologi 4G.

Pihak yang ikut mengembangkan teknologi 4G LTE (long term evolution) mendatang ialah Qualcomm, Huawei dan EE yang merupakan operator telekomunikasi asal Inggris. Kolaborasi ketiga pihak itu disebutkan bakalan mampu menghadirkan layanan internet berkecepatan hingga 400 Mbps. 

EE yang merupakan operator terbesar di Inggris bakal menghadirkan teknologi tersebut secara perdana di area Stadion Wembley, London. Dukungan dari Qualcomm dan Huawei akan membuat layanan komunikasi cepat itu bisa dinikmati para pengunjung markas tim nasional Inggris itu.

Seperti dilansir laman Inquirer, Selasa (3/3/2015), EE memaparkan telah mengadopsi teknologi LTE Category 9 yang memungkinkan kecepatan 4G lima kali lipat lebih tinggi dari versi standar. Dukungan dari Huawei berupa infrastruktur jaringan, sedangkan Qualcomm menyediakan chip LTE berbasis Cat.9.

Meskipun diklaim bisa menghasilkan kecepatan hingga 400 Mbps, EE mengaku pelanggannya hanya akan bisa mendapatkan trafik hingga 150 Mbps. Walaupun begitu, perusahaan mengaku optimis bisa memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi para pelanggannya karena bakalan lebih stabil dengan pengalaman yang lebih baik.

"Uji coba seperti di Stadion Wembley memungkinkan kami memastikan pelanggan EE terus mendapat pengalaman terbaik dari jaringan mobile mereka saat ini dan di masa depan," kata Fotis Karonis, CTO EE.

Kecepatan layanan yang dihadirkan EE menggunakan teknologi agregasi jaringan sebesar 20 Mhz dari frekuensi 1800 Mhz dan 2600 Mhz yang dimilikinya. Selain itu, handset yang dipakai untuk menikmati layanan ini juga harus sudah dibekali teknologi LTE Cat.9 seperti Snapdragon 810.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.