Sukses

Genjot Layanan Data, Indosat Tak Lupakan Layanan Telepon

Indosat telah secara resmi mendapatkan lisensi penggunaan Logo HD Voice dari GSMA (Groupe Speciale Mobile Association).

Liputan6.com, Medan - Indosat telah secara resmi mendapatkan lisensi penggunaan Logo HD Voice dari GSMA (Groupe Speciale Mobile Association). Logo HD Voice adalah simbol universal yang mengidentifikasi layanan HD Voice aktif dari handset yang mendukung.

Fitur HD Voice itu sendiri merupakan salah satu fitur unggulan yang disematkan Indosat sebagai hasil modernisasi jaringan terbaru yang mereka lakukan. Fitur HD Voice menjamin kualitas panggilan telepon yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Selain internetan, orang Indonesia juga masih sering teleponan. Ini yang membuat kita juga tetap memperhatikan sektor layanan voice," jelas Joko Riswandi, Indosat Head of Network Optimization, di acara media Drive Test Jaringan Indosat di Medan, Senin (2/3/2015).

Lebih jauh Joko menjelaskan, fitur HD Voice dapat dinikmati menggunakan perangkat yang sudah mendukung fitur HD Voice. Namun begitu perbaikan kualitas panggilan suara juga akan tetap dirasakan oleh para pengguna yang menggunakan perangkat yang belum mendukung.

"Pakai smartphone yang sudah support HD Voice jauh lebih baik, tapi yang perangkatnya belum support juga pasti merasakan perbedaan," lanjut Joko.

Fitur HD Voice sendiri merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih, jelas, dan seolah tanpa jarak. Saat melakukan panggilan, teknologi AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) akan aktif dan memungkinan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7000 Hz.

Sejauh ini, jelas Joko, terdapat 320 handset dari berbagai merek di pasaran yang telah mendukung penggunaan fitur HD Voice seperti Apple, BlackBerry, Motorola, Nokia, LG, Samsung, Sony, HTC, Huawei, ZTE, Acer, dan lain-lain.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini