Sukses

Gadgetpedia: Compare Canon PowerShot G7 X dengan G1 X Mark II

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, yang mana sama-sama mampu menghasilkan gambar berkualitas dan tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor kamera kenamaan, Canon, baru saja memperkenalkan kamera compact terbarunya yang masuk dalam keluarga PowerShot yaitu PowerShot G7 X.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kamera ini dan membandingkannya dengan kamera compact lainnya yaitu PowerShot G1 X Mark II.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, yang mana sama-sama mampu menghasilkan gambar berkualitas dan tajam. Perbedaannya adalah PowerShot G7 X memiliki bodi yang lebih ringkas dari PowerShot G1 X Mark II.

PowerShot G7 X memiliki dimensi bodi 103 x 60 x 40mm, sementara PowerShot G1 X Mark II memiliki ukuran bodi 116 x 74 x 66mm. Bila dibandingkan, PowerShot G1 X Mark II mempunyai bodi yang lebih tebal dari PowerShot G7 X.

Sensor besar

PowerShot G7 X memiliki sensor berukuran besar. Lebih tepatnya sensor CMOS berukuran 1 inci dengan resolusi 20,2 megapiksel. Ukuran sensor yang besar memberikan kemudahan pengambilan foto di tempat yang minim cahaya sekalipun.

Kamera ini juga ditopang dengan bukaan lensa f/1.8 - f/2.8, yang dapat menghadirkan efek depth of field dangkal. Mengambil foto dari jarak dekat atau foto makro hingga jarak 5cm pun dapat dilakukan dengan mudah.

Memotret jarak jauh juga lebih mudah dengan teknologi ZoomPlus yang terbenam di dalamnya - pembesaran dari 4,2x zoom yang dapat ditingkatkan menjadi 8,4x. Jangkauan zoom tersebut setara dengan kemampuan lensa 24-100mm.

Peningkatan signifikan

G1 X Mark II juga merupakan kamera compact dengan sensor berukuran besar, yaitu 1,5 inci atau hampir setara dengan sensor APS-C. Ini jauh lebih besar dibandingkan kamera saku pada umumnya.

Peningkatan yang signifikan terlihat pada lensa yang memiliki jangkauan 24-120mm (setara 35mm) dengan bukaan f/2.0-3.9. Generasi sebelumnya, PowerShot G1 X generasi pertama memiliki lensa 28-112mm dengan bukaan f/2.8-5.6.

Namun resolusi sensornya dipangkas dari 14,3 megapiksel (MP) menjadi 12,8 MP. Pun demikian, kualitas tangkapan gambarnya lebih baik berkat chip image processor Digic 6.

Lebih jelasnya, simak video compare Canon PowerShot G1 X Mark II dengan PowerShot G7 X, yang langsung dipaparkan oleh Hiroaki Ishii, Image Communication Produsts Operations Canon Inc. di markas besar Canon Inc. di Shimomaruko, Tokyo, belum lama ini.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini