Sukses

Dolar Melonjak, Peserta Pameran Mega Bazaar 2015 Menyusut

Kenaikan harga perangkat teknologi turut berimbas pada pameran teknologi Mega Bazaar 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali melorot. Lemahnya nilai tukar rupiah ini mempengaruhi berbagai industri yang erat kaitannya dengan dunia luar, termasuk industri teknologi.

Harga perangkat komputer dan produk teknologi lainnya melonjak naik akibat nilai rupiah yang melorot. Kenaikan harga perangkat teknologi turut berimbas pada pameran teknologi Mega Bazaar 2015 yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran akbar tahunan ini mengalami penurunan yang terbilang cukup drastis dari sisi target, peserta pameran hingga luas lokasi pameran dibandingkan tahun sebelumnya. Ichwan Sofwan, General Manager Dyandra Promosind mengaku penurunan ditengarai karena harga dolar yang melambung tinggi.

"Nilai tukar dolar yang sangat tinggi membuat harga perangkat teknologi ikut naik. Sebagian peserta yang biasanya ikut pameran sekarang lebih memilih gak ikutan karena mungkin buat mereka resikonya besar ya," ungkap Ichwan selepas pembukaan Mega Bazaar 2015.

Secara angka, peserta pameran Mega Bazaar 2015 turun menjadi 76 perusahaan dan 2 asosiasi dari sebelumnya 135 perusahaan dan 3 asosiasi di tahun lalu. Target nilai transaksi menurun jadi Rp 475 miliar dari sebelumnya Rp 678,99 miliar, serta luas pameran jadi 14.068 meter per segi dari 21.754 meter persegi.

"Turunnya sekitar 30% lah ya dibandingkan tahun lalu. Semoga kondisi negara kita bisa segera membaik dan membuat nilai tukar rupiah bisa menguat kembali," tambah Ichwan kepada tim Tekno Liputan6.com, Rabu (4/8/2015).

Kota lokasi digelarnya Mega Bazaar juga menyusut pada tahun ini. Mega Bazaar 2015 hanya diselenggarakan di 3 kota yakni Jakarta, Makassar dan Yogyakarta setelah Surabaya, Semarang dan Bandung dinyatakan absen menggelar ajang pameran teknologi tahunan ini.

Acara yang digelar selama 5 hari ini ditargetkan mendapat 227 ribu pengunjung. Pameran ini dibuka pukul 10 pagi hingga 9 malam dengan harga tiket masuk Rp 15 ribu setiap harinya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini