Sukses

Apple Rebut Gelar `Raja Smartphone` dari Samsung

Menurut laporan firma riset Gartner, Apple Inc (Apple) berhasil melengserkan Samsung dari titel 'raja smartphone dunia'.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut laporan firma riset Gartner, Apple Inc. (Apple) berhasil melengserkan Samsung dari titel 'raja smartphone dunia'. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu menjual lebih banyak smartphone di pasar global pada kuartal empat (IV) 2014 dibandingkan Samsung Electronics Co., Ltd. (Samsung).

Menurut yang dilansir USA Today, Jumat (6/3/2015), Apple berhasil menjual sebanyak 74,83 juta smartphone. Sedangkan Samsung menjual 73,03 juta unit. Melalui pencapaian ini, Apple berhasil menempati tahta raja smartphone yang sebelumnya diduduki Samsung sejak tahun 2012.

Pencapaian Apple ini berkat kontribusi dari penjualan smartphone terbaru Apple, iPhone 6 dan 6 Plus. Secara keseluruhan, Apple saat ini menguasai 20,4 persen pangsa pasar smartphone global.

Adapun Samsung berada di posisi ke dua dengan 19,9 persen pangsa pasar, turun hampir 10 persen dari satu tahun sebelumnya.

"Kedua smartphone terbaru itu (iPhone 6 dan 6 Plus) menjadi pilihan bagi pengguna baru, yang mencari ponsel dengan layar lebih besar dan alternatif yang lebih menarik daripada Android," jelas Gartner.

Bagi Apple, ini adalah periode kuartal terbaiknya berkat penjualan 74,8 juta unit iPhone di dunia. Kedua iPhone terbaru perusahaan juga berhasil menyedot minat besar dari konsumen di Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Namun untuk penjualan smartphone sepanjang tahun lalu masih didominasi Samsung dengan 24,7 persen pangsa pasar. Apple di posisi ke dua dengan 15,4 persen pangsa pasar.

Hal yang sama juga terjadi pada penjualan ponsel, yang masih didominasi oleh Samsung. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu memimpin pasar ponsel global dengan 20 persen pangsa pasar, sedangkan Apple di posisi ke dua dengan 10 persen pangsa pasar.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini