Sukses

Ahok Jadi Bintang Game Android `Dana Siluman`

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok muncul di game Android yang berjudul `Dana Siluman`.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah muncul beberapa game yang marak membawa isu politik yang sedang terjadi, seperti game `Kriminalisasi` yang  Abraham Samad sebagai karakternya, kali ini muncul game mobile baru untuk perangkat Android dimana gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok muncul sebagai karakter utamanya.

Game berjudul `Dana Siluman` ini sudah muncul di Google Play Store dan menghadirkan gameplay yang sederhana. Game besutan developer lokal Vorir Studio ini memang mengangkat isu Ahok yang sedang berusaha mengungkap upaya penyelipan anggaran "siluman" sejumlah Rp 12,1 triliun oleh DPRD DKI di APBD 2015.

Dana Siluman ini tentunya bisa diunduh secara gratis, ketika Anda membuka game ini, tampak menu utama dengan gambar karakter kartun Ahok yang memegang secarik kertas yang berstempel tulisan "Dana Siluman", Anda harus menyentuh kertas tersebut untuk memulai permainan.

Sejauh ini game Dana Siluman baru diunduh sebanyak 50 kali. Pihak kreator game ini menjelaskan bahwa game ini memiliki konsep edukatif dimana pemainnya harus teliti dan cermat ketika mengambil sebuah keputusan. Vorir Studio juga menegaskan bahwa tak ada maksud dan tujuan apapun untuk menyinggung apalagi menjatuhkan pihak manapun terkait isu yang sedang terjadi pada saat ini.

Gameplay yang disajikan memang sederhana, Anda harus memilih nama barang yang sesuai dengan harganya. Namun Anda harus benar-benar teliti untuk melihat barang mana saja yang masuk akal untuk bisa dibeli.

Contohnya, ketika Anda disajikan kulkas dengan variasi harga yang berbeda, Rp 1 juta dan Rp 1 miliar. Tentunya, sebuah kulkas akan masuk akal bila diberi harga Rp 1 juta. Poin akan terus bertambah jika jawaban Anda benar. Jika jawaban Anda salah, maka akan muncul gambar tikus yang merupakan bentuk metafora dari koruptor.

Sejauh ini, game ini memancing komentar positif dari para penggunanya. Semoga saja game-game yang mengangkat isu politik dengan menyajikan gameplay yang ringan mampu memberikan pesan moral yang baik untuk isu yang sedang berkembang di negara ini.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.