Sukses

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2015

Hari ini, Sabtu 8 Maret 2015, bertepatan dengan atau International Woman's Day atau Hari Perempuan Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Sabtu 8 Maret 2015, bertepatan dengan peringatan International Woman's Day atau Hari Perempuan Sedunia. Google turut memeriahkan hari besar ini dengan menampilkan Google Doodle spesial.

Di laman utama Google, Anda akan menemukan banner dengan simbol warna khas Google yang menampilkan kumpulan gambar animasi perempuan berprestasi, seperti profesi astronot, ilmuwan, atlet, guru, musisi, koki, dan penulis - profesi yang dulunya didominasi kaum pria.

Bila Anda mengklik gambar animasi tersebut, Anda akan dibawa ke serangkaian link seputar sejarah Hari Perempuan Sedunia dan sekumpulkan artikel tentang perempuan berprestasi. Dalam keterangan Doodle terdapat tulisan “Happy International Women’s Day!"

Hari Perempuan Sedua adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial.

Di antara peristiwa-peristiwa bersejarah yang terkait, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 perempuan kehilangan nyawanya.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada abad ke-20 di tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja.

Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City, Amerika Serikat. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah.

Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Dua tahun kemudian, pada bulan yang sama, kaum perempuan berinisiatif untuk membentuk serikat buruh.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini