Sukses

Tips Ngecas Baterai Smartphone Langsung dari Pakar Gadget

Ada sejumlah cara mudah untuk memperpanjang daya tahan dan umur penggunaan baterai smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Baterai adalah salah satu elemen terpenting pada sebuah smartphone. Penggunaan yang sangat aktif membuat baterai smartphone akan terkuras habis dengan cepat.

Maka tak heran jika kini aksesoris penambah daya baterai portable, alias power bank, menjadi perangkat tambahan wajib bagi para pengguna smartphone.

Pakar sekaligus pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, Lucky Sebastian, mengungkapkan bahwa ada sejumlah cara mudah untuk memperpanjang daya tahan dan umur penggunaan baterai smartphone. 

"Saat ini ada dua jenis baterai smartphone yang ada di pasaran, pertama jenis Li-ion dan kedua Li-polymer. Namun yang umum digunakan adalah Li-ion, karena sebenarnya jenis Li-polymer pengembangannya belum tuntas," jelas Lucky yang ditemui di acara perlisan smartphone Lenovo P70 di Jakarta.

Lucky melanjutkan, "Baterai jenis Li-ion normalnya memiliki masa cycle (frekuensi pengisian ulang daya) sebanyak 500 kali. Lebih dari itu performa baterai akan menurun. Jadi setiap hari sekali nge-charge, berarti setahun 360 kali. Ya, disimpulkan setelah setahun lebih performance baterai sudah tidak seperti awal."

Untuk menjaga kualitas baterai lebih awet, Lucky pun berbagi tips-nya. "Nge-charge jangan dibiasakan saat baterai benar-benar habis. Ini menyebabkan masa cycle semakin pendek. Yang bagus itu di-charge sebelum benar-benar habis, masih ada 20-30% langsung charge. Masa cycle akan menjadi lebih panjang, lebih awet," katanya.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini