Sukses

'Apple Watch' Cuma Dibanderol Rp 295 Ribu

Menurut keterangan harga di Alibaba, 'Apple Watch' dibanderol sekira 15 poundsterling atau setara Rp 295 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Kendati Apple Watch belum dipasarkan, tiruan smartwatch tersebut sudah banyak bertebaran di Negeri Tirai Bambu. Bahkan harganya jauh lebih murah dibandingkan versi asli smartwatch besutan Apple itu.

Dilansir Business Insider, Jumat (13/3/2015), Apple Watch palsu sudah mulai dijual di Tiongkok dan memiliki desain sama persis dengan produk Apple. Tak hanya soal desain, smartwatch palsu itu juga mencantumkan logo Apple.

Menurut laporan Financial Times, Apple Watch palsu banyak bertebaran di toko online Tiongkok, Taobao. Selain itu, produk palsu juga dijual di situs e-commerce milik Alibaba.

Menurut keterangan harga di Alibaba, 'Apple Watch' dibanderol sekira 15 poundsterling atau setara Rp 295 ribu. Namun lucunya, produsen produk tersebut membanderol semua 'Apple Watch' itu dengan harga yang sama, baik untuk versi Apple Watch Sport (entry level) dan versi yang lebih mahal, Edition.

Sebagai perbandingan, Apple Watch asli dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Untuk Apple Watch Sport dijual mulai dari US$ 349 atau setara Rp 4,5 juta dan versi Apple Watch (original) dimulai dari US$ 549 atau setara Rp 7 jutaan. Sedangkan Apple Watch Edition yang memiliki lapisan emas 18 karat, dimulai dari US$ 10.000 atau berkisar Rp 130 juta.

Ini bukan kali pertama Apple Watch ditiru. Business Insider sebelumnya melaporkan bahwa ada sejumlah perusahaan Tiongkok yang memamerkan Apple Watch palsu di ajang Consumer Electonics Show (CES) pada Januari. Smartwatch palsu itu menjalankan sistem operasi (OS) Android.

Kabar mengenai desain produk Apple yang dicontek bukan lagi hal baru. Hal serupa juga pernah menimpa iPhone dan iPad.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.