Sukses

Apple Bakal Benamkan Fitur `Pendeteksi Tekanan` di iPhone

Teknologi sensor Force Touch diklaim akan membuat iPhone lebih pintar membedakan baik sentuhan ringan maupun lebih kuat pada layar

Liputan6.com, Jakarta - Apple belum lama ini meluncurkan produk MacBook terbarunya yang diklaim paling tipis dan dibekali berbagai fitur unik. Salah satu fitur uniknya ialah 'Force Touch' yang diklaim juga bakalan dihadirkan perusahaan itu di perangkat smartphone mendatang buatannya.

Force Touch ialah fitur terbaru hasil inovasi Apple yang membuat perangkat besutannya bisa mendeteksi seberapa keras pengguna menekan permukaan area navigasinya. Di iPhone, sensor itu disebutkan bakalan mengenali seberapa keras tekanan pengguna di layarnya.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Cnet, Senin (16/3/2015),  teknologi sensor Force Touch diklaim akan membuat iPhone lebih pintar membedakan baik sentuhan ringan maupun lebih kuat pada layar Retina Display.

Fitur itu dinilai perusahaan cukup ideal ketika penggunanya menjalankan aplikasi atau program dalam memberi respon yang berbeda seperti melalui kuatnya tekanan yang diberikan pengguna ke permukaan layar.

Aplikasi yang disebutkan bakal perlu fitur ini seperti piano virtual karena akan memberikan efek suara yang berbeda sewaktu tuts ditekan secara kuat atau lemah.

Apple disebutkan bakalan membuat generasi mendatang dari iPhone tetap dalam dua varian layar yang sama, 4,7 inci dan 5,5 inci. Fitur pendeteksi tekanan pintar tersebut dikabarkan bakal hadir di semua varian iPhone generasi mendatang.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.