Sukses

Ups, Polisi Kepergok Ubah Data Insiden Brutal di Wikipedia

NYPD mengedit informasi di Wikipedia terkait dengan kasus penembakan kontroversial yang menewaskan satu anggota Kepolisian New York.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ciri khas dari Wikipedia adalah konten yang ada terbuka bagi siapa saja untuk mengedit, sehingga membuatnya menjadi sumber terbesar untuk semua jenis informasi.

Namun terkadang, informasi yang tersedia belum tentu tepat dan bisa mengaburkan kebenaran. Inilah yang terjadi ketika Departemen Kepolisian New York (NYPD) mengedit informasi di Wikipedia terkait dengan kasus penembakan kontroversial.

Dilansir Ubergizmo, Rabu (18/3/2015), insiden brutal itu menewaskan satu anggota Kepolisian New York yang dilakukan oleh tiga pria bernama Eric Garner, Sean Bell, dan Amadou Diallo.

Kabar ini berasal dari sebuah laporan Capital New York, dimana pihaknya menemukan bahwa beberapa alamat IP yang terkait dengan jaringan komputer NYPD telah diketahui masuk dan mengedit informasi di Wikipedia.

Dalam halaman yang telah diedit itu disebutkan bahwa polisi New York yang menjadi korban tidak melakukan kesalahan apapun. Padahal, sebelumnya disebutkan bahwa ketiga pelaku `terpaksa` melawan sang polisi karena tindakan semena-menanya.

Sebagaimana yang dilaporkan Capital New York, beberapa perubahan yang dibuat terkait informasi Eric Garner termasuk mengubah "Garner mengangkat kedua tangannya ke atas" hingga "Garner memukul-mukul lengannya saat ia berbicara."

Temuan tersebut tentu mengarahkan kecurigaan kepada pihak kepolisian. Ketika ditanya oleh Capital New York tentang perubahan tersebut dan ketika disajikan dengan contoh-contoh dari perubahan yang dibuat, juru bicara NYPD, Det. Cheryl Crispin hanya mengatakan, "Masalah ini sedang dikaji internal."

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini