Sukses

BlackBerry Dakota Paling Favorit di Kalimantan

Handset BlackBerry berplatform lawas masih sangat disukai masyarakat di Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan layanan data internet via jaringan milik operator seluler di Indonesia rata-rata mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini karena sudah semakin banyak masyarakat yang menggunakan perangkat mobile pintar.

Di wilayah Kalimantan, pengguna perangkat smartphone cenderung memilih handset berbasis sistem operasi Android dan BlackBerry. Kedua sistem operasi itu diklaim digunakan oleh sebagian besar pelanggan data yang menggunakan jaringan komunikasi Indosat.

"Pengguna smartphone di wilayah Kalimantan khususnya Balikpapan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Rata-rata orang di sini pakai smartphone berbasis Android dan BlackBerry," ungkap Dody Kusuma, Head of Sales Kalimantan Indosat. 

Uniknya, Dody menyebutkan bahwa kebanyakan pelanggan Indosat di Kalimantan menggunakan smartphone BlackBerry yang berjalan dengan BlackBerry OS yang notabene merupakan produk lawas. Lebih spesifik, Dody mengungkap bahwa handset BlackBerry Dakota menjadi favorit masyarakat Kalimantan.

"Orang sini kebanyakan masih pakai BlackBerry yang sistem operasi lama. Yang masih banyak orang suka itu tipe BlackBerry Dakota yang masih ada trackpad-nya," tambah Dody kepada tim Tekno Liputan6.com.

Handset BlackBerry Dakota atau BlackBerry 9900 merupakan smartphone terakhir keluaran BlackBerry yang memakai platform BB OS7. Di perangkat ini masih terdapat 'navigation belt' yang berisi tombol untuk mengangkat dan menutup panggilan telepon, menu, back dan trackpad di bawah layar sentuh seluas 2,8 inci.

Di Indosat, 28% pelanggannya telah menggunakan perangkat smartphone dalam kesehariannya. Dari jumlah tersebut, Android dan BlackBerry masing-masing menguasai 30% pelanggan Indosat yang memakai smartphone, sedangkan sisanya dibagi antara Windows Phone, iOS, dan berbagai ponsel pintar lainnya.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini