Sukses

Cara Mencetak Foto atau Dokumen Langsung dari Smartphone

Ingin tahu bagaimana cara mencetak foto atau dokumen langsung dari smartphone atau tablet? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat membuat presentasi bisnis maupun menulis laporan melalui komputer, Anda mungkin akan lebih merasa nyaman untuk langsung mencetaknya hanya dengan beberapa klik pada mouse dibandingkan dengan membuatnya di dalam tablet maupun smartphone.

Saat mengerjakannya pada tablet maupun smartphone, Anda pasti merasa kesulitan untuk mencetak. Tapi seiring berkembangan zaman, muncul teknologi pintar yang memudahkan Anda dalam melakukan segala hal.

Salah satunya hadir aplikasi pintar untuk langsung dapat mencetak foto atau dokumen dari smartphone atau tablet. Ingin tahu bagaimana cara mencetak foto atau dokumen langsung dari smartphone atau tablet? Berikut ulasannya. 

Menyambung ke jaringan Wi-Fi

Terkadang banyaknya aktivitas yang dimiliki oleh setiap orang, membuat tidak ada waktu untuk mengerjakan laporan maupun presentasi di komputer ataupun laptop, sehingga biasanya untuk menghemat waktu yang ada, Anda mengerjakannya di smartphone maupun tablet. 

Akan tetapi, seringkali Anda memiliki kendala, seperti harus memindahkan data yang dibuat ke komputer untuk bisa dicetak. Sekarang muncul aplikasi pintar khusus smartphone atau tablet untuk langsung dapat mencetak, namun masih tetap membutuhkan perangkat printer.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Printer yang digunakan juga bukan printer biasa, tetapi printer yang memiliki aplikasi untuk dapat disambungkan dengan koneksi Wi-Fi. Dengan demikian, Anda dapat langsung menyambungkan ke smartphone atau tablet ke printer berkoneksi Wi-Fi untuk dapat langsung mecetak data yang Anda inginkan dengan mudah dan cepat.

Yang harus Anda perhatikan dalam mencetak dengan printer berfitur Wi-Fi, perhatikan apakah jaringan data pada printer menggunakan LAN atau jaringan sederhana yang memakai kabel yang membutuhkan komputer atau jaringan Wi-Fi.

Anda juga harus memiliki Wi-Fi untuk mengaktifkan printer dan mengaktifkan opsi pengaturan mencetak dari smartphone atau tablet dengan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Mencetak dengan sistem Wi-Fi ini tidak dapat dilakukan oleh semua smartphone atau tablet, tetapi bila smartphone atau tablet Anda tidak memiliki pengaturan ini, Anda dapat men-download aplikasi untuk dapat mencetaknya secara langsung dimanapun Anda berada.

Selanjutnya>>>

3 dari 4 halaman

Mendowload Aplikasi

Mendowload Aplikasi

Hampir semua smartphone dan tablet terbaru telah memiliki aplikasi untuk dapat langsung dihubungkan ke printer berfitur Wi-Fi. Untuk beberapa model smartphone dan tablet keluaran lama biasanya memerlukan aplikasi tambahan untuk dapat disambungkan langsung ke printer jenis ini.

Sebagai contoh, printer Epson, HP dan Brother menawarkan aplikasi untuk langsung terhubung dengan printer. Untuk perangkat iOS, Anda dapat men-dowloand aplikasi Apple AirPrint pada Apple Store pada smartphone maupun tablet.

Untuk Google Cloud Print, Anda dapat mencetak dokumen langsung dari akun Gmail atau Google Docs. Demikian seperti dikutip dari laman Staples, Jumat (20/3/2015).

Selanjutnya>>>

4 dari 4 halaman

Biaya Tambahan

Biaya Tambahan

Untuk perangkat smartphone atau tablet keluaran terbaru, Anda tidak perlu kuatir karena tidak ada biaya tambahan yang diperlukan untuk men-download aplikasi.

Akan tetapi, untuk perangkat smartphone atau tablet keluaran lama, Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk dapat langsung mencetak dari perangkat smartphone atau tablet.

Biasanya Anda perlu menambah aplikasi tambahan yang membutuhkan sedikit biaya tambahan, karena tidak semua aplikasi dapat di-download secara gratis. 

(ana/isk)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini