Sukses

Selamat Ulang Tahun ke-9 Twitter!

Twitter tepat pada hari ini, Sabtu 21 Maret 2015, merayakan ulangtahun ke-9.

Liputan6.com, Jakarta - Internet terus berkembang melahirkan berbagai layanan termasuk media sosial, seperti Twitter. Waktu terus berlalu dan hari ini, Sabtu, 21 Maret 2015, rupanya Twitter memasuki usia yang ke-9.

Selama 9 tahun terakhir sudah banyak gebrakan yang diluncurkan oleh Twitter, salah satunya penggunaan hashtag (#) untuk mengelompokkan berbagai topik dalam satu grup.

Tak hanya itu, Twitter juga menjadi tempat 'penampung' berbagai topik hangat yang tengah menjadi perbincangan di dunia offline.

Twitter dibuat oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass, pada 21 Maret 2006. Kemudian diluncurkan pada Juli, tahun yang sama.

Laman The Guardian, Sabtu (21/3/2015), melaporkan bahwa tweet pertama lahir dari tangan salah satu pendirinya, Dorsey, pada 22 Maret 2006. Namun saat itu Twitter masih menggunakan nama 'twttr'.



Sejak tweet pertama itu hingga saat ini, Twitter terus mengalami perkembangan dengan lebih dari 284 juta pengguna di seluruh dunia. Bukan rahasia lagi, Twitter juga merupakan salah satu media sosial populer di Indonesia.

Bagian lain dari sejarah penting Twitter adalah lahirnya penggunaan hashtag. Pengguna awal Twitter bernama Chris Messina pada 2007, mengusulkan penggunaan hashtag untuk mengelompokkan berbagai hal, seperti percakapan grup.



Konsep hashtag ternyata sukses. Sejak saat itu, tingginya jumlah hashtag menjadi barometer kesuksesan sebuah topik di media sosial. Kebanyakan acara besar hingga acara televisi kini menggunakan hashtag, sebagai bentuk promosi di dunia maya.

Berbagai kejadian yang menyita perhatian di dunia offline juga kerap kali menghasilkan efek yang sama di Twitter. Salah satunya kasus penyerangan di kantor majalah satire Prancis, Charlie Hebdo, yang menjadi salah satu topik terpopuler di Twitter pada awal tahun ini.

Situs microblogging itu juga terus meluncurkan berbagai fitur guna memberikan pelayanan yang lebih baik. Salah satu yang terbaru adalah fitur yang mempermudah pengguna dalam melaporkan tweet ancaman kepada pihak berwenang.

Selamat ulang tahun Twitter!

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini