Sukses

Google Kembangkan Wearable Device Anti-Kanker

Alat kesehatan itu menyerupai gelang pendeteksi aktivitas alias fitness band maupun smartwatch.

Liputan6.com, Jakarta - Google sukses menjadi perusahaan raksasa di industri teknologi internet. Perusahaan mesin pencari itu berusaha untuk memberikan manfaat lain bagi manusia selain kemudahan mengakses informasi di internet dan email.

Masalah kesehatan merupakan salah satu dari pengembangan solusi yang difokuskan Google. Ini terlihat dari sebuah paten perangkat wearable yang telah didaftarkan Google, yang bertujuan untuk memerangi penyakit kanker. 

Pada berkas paten yang diajukan Google terlihat bentuk perangkatnya itu memang seperti wearable device lainnya. Alat kesehatan itu menyerupai gelang pendeteksi aktivitas alias fitness band maupun smartwatch.  

Menurut yang dilansir laman OFweek, perangkat ini melingkupi sebuah proses yang disebut 'nanoparticle phoresis'. Proses ini berupa pengiriman energi pada tubuh seseorang melalui frekuensi radio, medan magnet, acoustic pulses, infrared, dan banyak lainnya.

Konsep dan idenya, energi dari perangkat baru ini bakal dikirim ke tubuh pengguna supaya menyasar sel-sel tertentu pada aliran darah. Lalu, energi magnetic yang dikirimkan dapat dipakai untuk membantu menggambarkan aliran darah si pengguna.

Berkas paten dari Google juga mengungkap bahwa perangkat ini juga bisa digunakan pada penyakit lainnya. Misalnya, jika dalam tubuh pengguna ada protein tertentu yang berpotensi menyebabkan Parkinson, maka perangkat tersebut akan menyasar protein itu dan memperlambat serangan penyakitnya.

Google sepertinya memang tengah berusaha mengembangkan diri sebagai perusahaan teknologi yang fokus pada kesehatan. Sebelumnya, Google juga mengumumkan sedang menyiapkan tablet yang dirancang khusus untuk pusat penelitian wabah ebola. Selanjutnya apa lagi? Kita tunggu saja inovasi Google berikutnya. 

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini