Sukses

‎Pantau Banjir dan Tinggi Sungai Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat Jakarta dalam menanggulangi banjir yang kerap jadi bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir masih menjadi masalah yang pelik bagi beberapa kota di Indonesia, khususnya Jakarta. Perusahaan penyedia solusi dan infrastruktur teknologi asal Jepang, Fujitsu, meluncurkan aplikasi baru untuk menginformasikan berbagai hal terkait banjir.

Dinamai Jakarta Flood Information Platform (JAFIP), aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat Jakarta dalam menanggulangi banjir yang kerap jadi bencana. Aplikasi ini merupakan buah kerjasama Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta beserta Fujitsu.

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan dalam berbagi informasi seputar hujan, ketinggian air sungai, banjir dan informasi bencana lain. Pengguna dapat melaporkan dengan beberapa tingkat/level kondisi dari cuaca dalam laporannya.

"Masyarakat bisa mengirimkan penjelasan pandangan matanya soal hujan, banjir, ketinggian ari sungai ataupun dampak lain. Mereka juga bisa menambahkan komentar berikut foto dari tempat kejadian secara langsung," ungkap Abdul Shomad, Department Manager Application Service Business Group Fujitsu Indonesia.

JAFIP sendiri diharapkan dapat menjadi aplikasi interaktif yang dimanfaatkan dalam berbagi informasi soal banjir. Fitur timeline yang berisi kumpulan posting juga dihadirkan di JAFIP agar memudahkan pengguna memantau kondisi di sekitarnya.

"JAFIP dibikin sangat mudah untuk pengguna dari daftar, posting hingga memantau postingan dari orang lain. Tapi kita juga sediakan fitur edit, delete dan report abuse bagi laporan yang tidak sesuai atau tak layak," tambah Shomad di Kantor Fujitsu Indonesia, Jakarta.

Shomad pun menjelaskan, JAFIP akan terintegrasi dengan Disaster Information Managenet System (DIMS) milik BPBD DKI Jakarta. Integrasi tersebut diharapkan bakalan membuat masyarakat lebih bisa mengantisipasi bencana dengan adanya notifikasi yang dikirim ke pengguna JAFIP.

Untuk sementara, JAFIP baru tersedia bagi pengguna Android dan diharapkan dapat segera menyusul di platform mobile lainnya. Pengguna perangkat Android yang ingin berinteraksi di JAFIP bisa mengunduhnya lewat toko aplikasi Google Play Store.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini