Sukses

Twitter & Smartfren Dukung Cyanogenmod Buat Pesaing Android

Menariknya, Smartfren Telecom juga tercantum sebagai salah satu investor pendukung Cyanogenmod.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar menarik datang dari Cyanogenmod, perusahaan paling populer yang bergerak di bidang Custom ROM, alias memproduksi versi modifikasi dari Android.

Berbekal 50 juta pengguna sistem operasi modifikasinya, Cyanogenmod pun kini semakin percaya diri untuk segera memproduksi sistem operasi mobile mandiri terlepas sepenuhnya dari Google. Niatan Cyanogenmod ini pun kabarnya disambut baik oleh banyak pihak.

Dilansir laman Re/Code, Jumat (27/3/2015), Cyanogenmod baru saja mendapatkan pendanaan sebesar US$ 80 juta. Investasi tersebut berasal dari sejumlah perusahaan besar seperti Twitter, Qualcomm, Televonica Ventures, dan raja media Rupert Murdoch.

Menariknya, operator seluler berbasis CDMA asal Tanah Air, Smartfren Telecom, juga tercantum sebagai salah satu investor pendukung Cyanogenmod.

"Kami gembira mendapat dukungan dari berbagai sektor pelaku industri, kami senang didukung untuk menciptakan sebuah sistem operasi Android yang benar-benar terbuka," ujar Kirt McMaster, CEO Kirt McMaster.

Dana yang dikumpulkan oleh Cyanogenmod tampaknya masih akan terus belipat ganda. Pasalnya dilaporkan dua perusahaan raksasa teknologi, yakni Amazon dan Microsoft, dilaporkan juga berminat menanamkan uangnya pada Cyanogenmod.

Laman Wall Street Journal bahkan sempat mengabarkan bahwa Microsoft telah menyiapkan dana investasi sebesar US$ 70 juta untuk CyanogenMod.

CyanogenMod sendiri awalnya adalah sebuah komunitas penghasil Custom ROM Android yang menyediakan akses rooting terpopuler di dunia.

Sejak pertama kali muncul di tahun 2008 silam, CyanogenMod sangat digandrungi oleh para pengguna Android yang merasa perangkatnya hanya dibekali kemampuan terbatas. Maka tak sedikit para pengguna yang memanfaatkan sistem operasi Android versi CyanogenMod untuk meningkatkan kemampuan perangkat Androidnya.

Menurut laporan yang dilansir laman Android Police, pada akhir 2013 lalu custom ROM CyanogenMod telah digunakan di lebih dari 10 juta perangkat Android dan kini diperkirakan telah mencapai 50 juta.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini