Sukses

Telkom Berambisi Rajai Dunia Digital

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), Alex J Sinaga berambisi menjadikan Telkom sebagai ‘penguasa dunia digital’.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), Alex J Sinaga berambisi menjadikan Telkom sebagai ‘penguasa dunia digital’. Untuk mencapai target itu, perusahan akan memperkuat jaringan telekomunikasi di udara, darat dan laut.

“Telkom kini bertransformasi menjadi sebuah perusahaan digital dan akan menjadi raja digital di udara melalui seluler, raja di darat melalui fiber ke rumah-rumah, raja di laut melalui tol broadband bawah laut, dan footprint yang kuat di kawasan tersebut,” kata Alex, Rabu (25/3/2015).

Untuk menjadi perusahaan digital, perusahaan dengan kode saham TLKM ini tidak hanya menunjukkannya melalui layanan-layanan yang dimiliki. Tapi juga dari para karyawan, budaya kerja, dan perusahaan itu sendiri.

Telkom memiliki tiga program utama untuk menjadi penguasa digital. Pertama dari sisi bisnis mobile, perusahaan akan terus mempertahankan pertumbuhan double digit, dan menumbuhkan bisnis digital yang ada saat ini.

Program kedua adalah pengembangan jaringan digital Indonesia seperti ID-Ring, ID-Access, dan ID-Convergence. Kemudian program ketiga yaitu ekspansi internasional dengan cara memperluas bisnis global, tapi sekaligus tetap memperkuat footprint di dalam negeri.

Seiring dengan perjalanan perusahaan menjadi raja digital, Telkom membidik kapitalisasi pasar Rp 1.000 triliun pada 2020. Sedangkan kapitalisasi pasar Telkom saat ini telah mencapai Rp 300 triliun.

Sepanjang 2014, Telkom berhasil meraih pendapatan usaha sebesar Rp 89,7 triliun atau meningkat sebesar 8,1% dibandingkan pendapatan usaha yang diperoleh pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pendapatan usaha anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel, bahkan tumbuh dua digit hingga mencapai 10,4%. Sedangkan EBITDA tumbuh 9,7% menjadi Rp 45,8 triliun dan laba bersih naik 3,0% menjadi Rp 14,6 triliun.

“Telkomsel memperlihatkan kinerja yang cemerlang sepanjang 2014 dengan pertumbuhan pendapatan usaha, EBITDA dan laba bersih sebesar 10,4%, 10,0% dan 11,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil ini membuat pertumbuhan triple-double-digit selama tiga tahun berturut-turut,” papar Alex.

(din)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini