Sukses

Pengguna Internet Indonesia Didominasi Remaja & Wanita

Segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori digital natives.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut hasil riset nasional yang dilakukan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indones (APJII) dan Pusat Kajian Komunikasi Universtas Indonesia (UI), mayoritas pengguna internet di Indonesia berada dalam rentang usia 18-25 tahun. Jumlah golongan pengguna muda usia ini bahkan hampir setengah (49%) dari total jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 88,1 juta di tahun 2014 kemarin. 

Ketua Umum APJII, Samuel A Pengerapan, menjelaskan bahwa hal ini memperlihatkan segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori digital natives. Dapat ditarik pengertian, digital natives adalah generasi yang lahir setelah tahun 1980-an, ketika internet memang mulai dipergunakan secara luas di masyarakat.

"Saat ini kan harga perangkat semakin murah, teknologinya juga semakin murah dan mudah didapat. Apalagi jumlah pengguna perangkat mobile terus bertumbuh pesat," ujar Sammy --panggilan akrab Samuel-- di acara konferensi pers yang berlangsung Kamis (26/3/2015), di kantor pusat APJII, Jakarta.

Menariknya lagi, sebuah fakta baru juga berhasil ditangkap oleh riset yang dilakukan oleh APJII dan PusKaKom UI ini. Di sektor gender, di tahun 2014 kemarin ternyata pengguna internet di Indonesia lebih didominasi oleh wanita. Tercatat pengguna wanita mencapai 51% dibanding pria yang 'hanya' 49%.

Riset yang dilakukan oleh APJII dan PusKaKom UI ini melibatkan 2.000 koresponden dari 42 kota di seluruh wilayah Indonesia, baik urban dan rural. "Kami melakukan survei ke 7.000 orang secara acak. Namun kami pilih 2.000 responden utuk proses yang lebih mendalam," papar Sammy.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini