Sukses

Twitter & UI Gelar Program Beasiswa #Twitter4WaniTek

Twitter menciptakan program beasiswa #Twitter4WaniTek bersama dengan Universitas Indonesia untuk 5 mahasiswi dalam tiga tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Chief Executive Officer (CEO) Twitter, Dick Costolo, terbang ke Indonesia untuk merayakan peresmian kantor baru Twitter. Di sela-sela kunjungannya, Costolo juga menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) melalui program beasiswa bagi mahasiswi.

Program beasiswa ini diberikan untuk 5 mahasiswi tahun kedua selama tiga tahun ke depan. Program beasiswa bernama #Twitter4WaniTek ini merupakan salah satu upaya Twitter dan Fasilkom UI dalam mendorong lebih banyak perempuan Indonesia ke dalam dunia Teknologi Informasi (TI), serta meningkatkan mutu pengetahuan dan kemampuan teknologi TI bagi komunitas.

"Program beasiswa ini sebagai bentuk semangat kami di Indonesia. Selain itu juga membuktikan bahwa kami ingin menjalin kerjasama lebih besar dengan mitra lokal, termasuk media, pemerintah, dan universitas," tutur Costolo dalam acara media roundtable di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswi yang memiliki prestasi baik atau berasal dari keluarga kurang mampu. Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, berharap program beasiswa ini dapat menarik minat perempuan Indonesia untuk menggeluti bidang TI.

Ketimpangan jumlah perempuan dan laki-laki di Fasilkom UI, katanya, sangat terlihat. "Karena itu kami berharap beasiswa ini dapat mendorong lebih banyak perempuan ke dalam dunia teknologi. Mungkin di Indonesia ini perbandingan perempuan dan laki-laki yang belajar TI itu 1:3," tuturnya.

Namun Mirna masih belum bisa merinci mekanisme program beasiswa tersebut. Pasalnya, hal ini masih dalam tahap pembicaraan dengan pihak Twitter.

"Tapi yang pasti beasiswa ini mencakup uang kuliah dan biaya hidup," ungkap Mirna.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.