Sukses

Mahasiswa Bandung & Madura Juarai Kompetisi Imagine Cup 2015

Para juri telah memilih 3 tim pemenang yang mengantongi predikat juara di tiap kategori lomba pada Imagine Cup 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang kompetisi adu inovasi dan kreativitas dalam pengembangan aplikasi Imagine Cup 2015 usai sudah. Setelah melalui jalan panjang, tiga kelompok mahasiswa dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung dan Universitas Trunojoyo Madura (UMT) keluar sebagai pemenang.

Kompetisi Imagine Cup merupakan ajang adu kemampuan bagi mahasiswa di bidang pengembangan aplikasi. Kompetisi ini menyediakan tiga kategori perlombaan yakni Games, Innovation dan World Citizenship.

Di babak final terdapat 9 tim dari yang memperebutkan gelar juara nasional di tiap kategori agar bisa bertempur dengan pengembang dari negara lain di Seattle, Amerika Serikat pada bulan Juli mendatang. Para juri, telah memilih 3 tim pemenang yang mengantongi predikat juara di tiap kategori lomba pada Imagine Cup tahun ini, yaitu :

PEMENANG KOMPETISI WORLD CITIZENSHIP 
Tim: ALIX
Asal universitas: Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung
Aplikasi: Solidare (Bantu Anak Asuh Apps)

PEMENANG KOMPETISI INNOVATION
Tim: Dodo Project
Asal universitas: Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung
Aplikasi: Dodo Kids Browser

PEMENANG KOMPETISI GAMES
Tim: Urban Studio
Asal universitas: Universitas Trunojoyo Madura
Aplikasi: Help Me Up

Ketiga tim tersebut akan mewakili Indonesia mengikuti kompetisi online babak Worldwide Semifinal yang dilakukan pada bulan April 2015. Jika tim Indonesia berhasil lolos dalam babak tersebut, maka mereka akan bertanding di tingkat Worldwide Final yang akan diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat.

Microsoft menyebutkan Imagine Cup mendapatkan peningkatan dalam hal jumlah peserta setiap tahunnya. Hal ini mengindikasikan semakin tumbuhnya minat mahasiswa Indonesia di bidang pengembangan aplikasi.

Bahkan di tahun 2015 ini, Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia dalam jumlah peserta setelah India, Tiongkok, Brasil dan Amerika Serikat. Perhelatan ini sukses menjaring 916 pendaftar yang berasal dari 55 universitas di 21 kota di Indonesia.

Penyelenggaraan Imagine Cup kali ini didukung oleh Telkom sebagai penyedia fasilitas internet dan Unites States Agency for International Development (USAID) yang mensponsori kategori World Citizenship. Ada tiga kategori yang diperlombakan tahun ini, yakni Games, Innovation dan World Citizenship.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.