Sukses

Indonesia Paling Ceriwis di Twitter

Pengguna Indonesia dikenal 'ceriwis' menyuarakan pendapatnya soal berbagai hal termasuk politik, makanan dan travelling.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Twitter terbesar di dunia dan terbilang aktif di layanan tersebut. Saking aktifnya, pengguna Indonesia dikenal 'ceriwis' menyuarakan pendapatnya soal berbagai hal termasuk politik, makanan dan travelling.

Country Business Head Twitter di Indonesia, Rick Mulia, mengungkapkan isu politik menjadi salah satu topik terfavorit pengguna di Indonesia. Secara spesifik, dia melihat terjadinya lonjakan yang tinggi soal Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun lalu.

"Pada Pemilu lalu, Indonesia sempat menjadi negara dengan tweet terbesar kedua berkat Pemilu. Posisi pertama ditempati oleh Oscar (selfie Piala Oscar)," tutur Rick kepada sejumlah media di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (27/3/2015).

Momen-momen khusus di Indonesia memang kerap bertengger di daftar topik terpopuler Twitter. Misalnya saat Ramadan tahun lalu, interaksi pengguna di Twitter juga cukup tinggi.

"Selama Ramadan tahun lalu ada 40 juta tweet," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Twitter, Dick Costolo.

Adapun Twitter per kuartal IV 2014 memiliki 288 juta pengguna aktif bulanan, naik dari 284 juta pada kuartal sebelumnya. Pada periode yang sama, Twitter berhasil membukukan pendapatan US$ 479 juta, hampir dua kali lipat dibandingkan satu tahun sebelumnya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini