Sukses

Wearable Device Ini Buat Tuna Netra `Bisa Melihat`

Perangkat wearable devices ternyata juga mulai banyak dikembangkan untuk membantu para difabel.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak solusi yang diciptakan untuk membantu difabel atau penyandang cacat agar lebih mudah dalam beraktivitas. Ramainya pengembangan perangkat wearable devices ternyata juga mulai banyak dirancang untuk membantu mereka.

Sebuah perangkat wearable berbentuk kamera khusus dibuat untuk para penyandang tuna netra. Kamera ini akan memperingatkan penggunanya ketika ia sedang berhadapan dengan penghalang atau objek yang membahayakannya.

Perangkat kamera yang sedang dikembangkan oleh tim peneliti itu dikenakan di atas kepala pengguna atau dipakai seperti kacamata. Namun, tim peneliti juga membuatnya dalam bentuk dompet kecil yang bisa diletakaan di saku atau di kerah penggunanya.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Ubergizmo, Senin (30/3/2015), perangkat berbentuk kamera ini dikembangkan oleh para peneliti dari Massachusetts Eye and Ear yang bekerjasama dengan Schepens Eye Research Insitute.

Menariknya, perangkat tersebut tak sekadar memberi kemampuan melihat setiap penghalang yang ada di hadapan penggunanya. Sebuah sensor juga dipakai untuk memprediksi gerakan yang akan dilakukan si pengguna dan menginfromasikan apa saja yang ada di sekelilingnya.

Sewaktu diuji coba, peneliti mengklaim bahwa para penggunanya berhasil mengindari berbagai rintangan di hadapannya 37% secara lebih baik. Namun, masih belum diketahui apakah perangkat ini akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat ini atau tidak?

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini