Sukses

Google Doodle Rayakan Berdirinya Menara Eiffel

Liputan6.com, Jakarta - Anda yang membuka Google hari ini, Kamis 31 Maret 2015, akan menemukan Google Doodle dengan gambar animasi sekelompok pekerja yang sedang mengecat menara Eiffel.

Menara Eiffel yang dikenal sebagai ikon Paris ini pernah dinobatkan sebagai ciptaan manusia tertinggi di dunia. Terletak di Paris, Prancis, bangunan yang pernah disebut "lampu jalan yang sungguh tragis" ini resmi dibuka untuk umum pada 30 Maret, 1889. Google Doodle turut serta merayakan 126 tahun keberadaannya.

Bangunan yang dibentuk dari kisi besi ini diberi nama pleh insinyur Gustave Eiffel. Mulai dibangun pada 28 Januari 1887, walau proses pembangunannya pernah diprotes, menara ini serta-merta menjadi hit.

Dilaporkan Time, Selasa (31/3/2015), sekitar 30.000 orang memanjat bangunan pada tahap pertama pembangunan Menara Eiffel. Saat itu, elevatornya bahkan belum dipasang.

Lalu, Eiffel menjadi orang yang terkenal secara global, seperti yang ditulis majalah TIME pada peringatan ke-125 tahun lalu. "Menara Eiffel menjadi lebih dari sebuah menara dan lebih dari simbol Paris," tulis majalah tersebut.

Dengan ukuran 324 meter, menara ini pernah menjadi struktur ciptaan manusia di dunia selama empat dekade, sampai kemudian dikalahkan oleh Gedung Chrysler di Kota New York pada 1930.

(ikr/isk)