Sukses

WeChat Luncurkan Fitur Official Account Gratis

Aplikasi asal Tiongkok ini meluncurkan fitur Official Account untuk organisasi, perusahaan dan juga orang-orang terkenal.

Liputan6.com, Jakarta - WeChat kian memperkokoh kehadirannya di Indonesia. Tak mau kalah dari para kompetitornya, aplikasi pesan dan suara asal Tiongkok ini meluncurkan fitur Official Account untuk organisasi, perusahaan, dan juga orang-orang terkenal. 

Chief Operating Officer (COO) PT MNC Tencent, Bagus Binatoro, menuturkan bahwa fitur baru ini diharapkan dapat membantu perusahaan-perusahaan lokal dalam mengembangkan bisnis mereka. Fitur ini bisa digunakan tanpa biaya.

Official Account adalah sistem akun publik untuk organisasi, perusahaan dan selebriti, yang bertujuan menjadi sarana komunikasi dan interaksi dengan konsumen atau penggemar mereka dalam bentuk teks, gambar, suara dan video.

Para pemilik akun ini dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk melakukan promosi, jual beli online, dan layanan pelanggan tanpa harus menghabiskan waktu dan uang untuk membuat layanan sendiri. 

"Official Account ini adalah fitur gratis dan tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan, organisasi, atau merchant. Tapi juga bisa dimiliki oleh individu yang terkenal, misalnya yang memiliki banyak follower di media sosial. Dengan demikian, mereka tidak perlu menyediakan sumber daya sendiri, karena semuanya dari kami," tutur Bagus dalam acara peluncuran Official Account di Plaza Indonesia, Selasa (31/3/2015).

Namun Bagus mengungkapkan tidak semua pihak bisa menggunakan fitur tersebut. Pasalnya, WeChat menerapkan sejumlah aturan, antara lain tidak menyinggung Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Cara pengajuan Official Account juga cukup mudah melalui tiga langkah. Pertama, pengguna harus mengisi dan mengirim formulir di alamat di sini. Setelah itu, pengguna harus menunggu validasi dari admin WeChat yang akan melakukan review mengenai pengajuan proposal.

"Biasanya review ini memakan waktu 1-2 pekan. Setelah itu hasilnya baru keluar. Kita juga memastikan bahwa pesan yang nantinya dikirim kepada follower dapat berguna dan tidak menjadi spam," kata Bagus.

Jika pengajuan formulir berjalan lancar, pengguna bisa menggunakan informasi login yang telah diberikan admin WeChat untuk langsung memulai menggunakan Official Account.

Sejauh ini, sejumlah Official Account yang telah ada di WeChat antara lain MNC Shop, Lazada, Elevenia, Zalora, Groupon, dan Blanja.com.

"Kami berharap akan lebih banyak lagi yang bergabung dengan Official Account WeChat," harap Bagus.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.