Sukses

ISIS Ancam Sebar Video Tersadis via Twitter

Analis Gilad Shiloach mengatakan, pengguna Twitter yang mendukung ISIS tidak sabar untuk melihat pembunuhan yang lebih barbar.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kalimat berbahasa Arab, sejumlah pendukung ISIS mem-posting meme mengejutkan. Dalam meme tersebut, tertulis pesan untuk sebuah organisasi media Furqan Institute, yang merilis sebuah video pembakaran pilot Yordania.

Rumor menyebutkan bahwa mereka akan merilis video yang lebih kejam dan sadis ke Twitter. Analis Gilad Shiloach mengatakan, pengguna Twitter yang mendukung ISIS tidak sabar untuk melihat pembunuhan yang lebih barbar.

"Di antara pendukung ISIS, kekerasan, dan propaganda, rumor dengan cepat menyebar seperti api," kata Shiloach kepada Mirror, Rabu (1/4/2015).

"Desas-desus tentang video baru ISIS, konon merupakan yang paling berdarah dan kejam - menciptakan riak kegembiraan di seluruh jaringan media sosial jihad. Beberapa pendukung ISIS bahkan berspekulasi bahwa algojo Inggris Jihadi John akan membintangi video baru," sambungnya.

Berikut adalah beberapa meme yang menguatkan rumor tersebut.

"Ada berita, Furqan Institute?"

"Saya sedang menunggu Furqan Institute."

"Para pendukung menunggu Furqan Institute."

Setahun terakhir ini, sekitar satu dari ratusan tweet dalam bahasa Arab ditulis untuk mendukung ISIS. Analis mencatat, dari 123 juta tweet yang ditulis, 1,2 juta di antaranya berasal dari orang-orang yang mendukung ekstremis. Sementara sekitar 1,8 juta tweet menentang ISIS.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini