Sukses

7 Nama Aneh Perusahaan Teknologi Sebelum Ngetop

Sebelum nama-nama perusahaan teknologi tersebut tenar seperti sekarang, ternyata para pendirinya sempat memberikan nama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini pastinya banyak di antara kita yang sangat akrab dengan nama-nama seperti Google, Apple, ataupun Facebook.

Namun jauh sebelum nama-nama perusahaan teknologi tersebut tenar seperti sekarang, ternyata para pendirinya sempat memberikan nama lain yang terdengar cukup aneh.

Anda penasaran? Berikut 7 nama perusahaan teknologi populer di kala mereka belum ngetop sepeti sekarang ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Yahoo

1. Yahoo

Yahoo adalah salah satu perusahaan berbasis internet terbesar di dunia. Sebelum era Google, Yahoo merajai hampir seluruh lini bisnis informasi di dunia maya, mulai dari mesin pencari, portal berita, hingga ramalan cuaca.

Sebelum populer, Yahoo ternyata memiliki nama lain. Saat pertama kali dipublikasikan, duo pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, menamai situs mesin pencari mereka ini dengan nama yang aneh dan cuku panjang, yakni `Jerry and David's guide to the World Wide Web`. Cukup panjang dan tidak akrab di telinga bukan?

Nama yang aneh itu dipakai sepanjang tahun 1994, namun di tahun 1995 akhirnya duo pendiri itu mengubah nama perusahaannya menjadi Yahoo yang merupakan kependekan dari `Yet Another Hierarchically Organized Oracle`.

3 dari 8 halaman

Apple Macintosh

2. Apple Macintosh

Menurut buku biografi Steve Jobs, pendiri Apple itu awalnya tidak ingin menggunakan Macintosh untuk produk komputer rumahan mereka. Jobs awalnya bersikeras untuk menggunakan brand `Bicycle` untuk produk komputer mereka itu.

Sang legenda dunia teknologi itu memang terpikat dengan sepeda. Untungnya salah seorang karyawan Apple kala itu, Jeff Raskin, menyarankan untuk menggunakan brand `Mac`.

4 dari 8 halaman

Twitter

3. Twitter

Twitter, jejaring sosial microblogging yang digemari banyak orang. Perusahaan yang didirikan oleh Jack Dorsey ini sudah berkali-kali gonta-ganti nama. Awalnya Twitter sempat menggunakan nama `Jitter`, lalu berubah menjadi `Twicth`.

Dan yang paling terakhir adalah `TWTTR`, sebelum akhirnya menggunakan nama Twitter.

5 dari 8 halaman

Google

4. Google

Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Stanford University. Keduanya mulai mengerjakan sistem mesin pencari di tahun 1996. Kedua founding father ini awalnya tidak berencana memberi nama Google, mereka justru ingin menggunakan nama `BackRub`.

Setahun kemudian mereka mengubahnya menjadi `Googol`, sebuah kata yang berasal dari referensi matematika untuk menyebut angka 1 yang diikuti oleh seratus angka 0. Dan pada akhirnya dipatenkan menjadi Google.

6 dari 8 halaman

Facebook

5. Facebook

Seperti yang sudah banyak diketahui orang dari cerita film `Social Networks`, Mark Zuckerberg pada awalnya mengunakan nama TheFacebook.com pada tahun 2004 khusus untuk para mahasiswa Harvard.

Ketika situs media sosial ini berkembang ke banyak kampus, maka Zuck memutuskan untuk mengganti namanya menjadi lebih simpel, Facebook.com. Domain ini dibeli Zuck pada tahun 2005 dengan harga US$ 200 ribu.

7 dari 8 halaman

LG

6.LG

LG adalah salah satu produsen perangkat elektronik terbesar dan tertua di Korea Selatan. Perusahaan ini berdiri di tahun 1958 dengan nama `GoldStar`. Nama tersebut digunakan cukup lama, hingga pada tahun 1995 berganti nama menjadi LG dan menggunakan logo ikonik seperti sekarang ini.

8 dari 8 halaman

Amazon

7. Amazon

Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Awalnya Bezos ingin menggunakan nama `Cadabra`, namun pengacara perusahaannya tak setuju dengan nama itu dan menyarankan penggunaan nama yang lebih `Amerika`. Bezos akhirnya memilih nama Amazon yang berefrensi pada salah satu sungai terbesar di Amerika Serikat.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.