Sukses

Samsung Galaxy S6 Edge vs iPhone 6, Mana Lebih Kuat Ketika Jatuh?

Serangkaian uji jatuh dilakukan untuk melihat seberapa kuat Galaxy S6 Edge dan iPhone 6, mana jagoannya?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan yang terjadi antara Samsung dan Apple di pasar perangkat mobile sudah menjadi rahasia umum. Kedua perusahaan itu kerap bersaing di pasar smartphone dengan produk unggulan yang dibuatnya.

Galaxy S6 Edge dan iPhone 6 menjadi produk unggulan dari masing-masing perusahaan teknologi raksasa dunia itu. Berbagai keunggulan baik dari desain, spesifikasi maupun fitur yang dihadirkan di kedua perangkat tersebut boleh dibilang sangat bersaing.

Serangkaian uji jatuh dilakukan untuk melihat seberapa kuat kedua smartphone andalan dari Samsung dan Apple itu. Pengujian dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki akun EverythingApplePro di YouTube channel yang dilansir Phone Arena.

Uji jatuh tersebut dilakukan secara bertahap dari beberapa ketinggian, mulai 1 meter hingga maksimal setinggi 10 kaki maupun sisi-sisi yang ada di handset. Di tes pertama, pada ketinggian 1 meter kedua handset terlihat  masih tidak mengalami masalah apapun.

Tes pun dilanjutkan ke level berikutnya, dijatuhkan pada ketinggian kepala orang dewasa untuk mengetahui seberapa kuat bila perangkat itu terjatuh saat penggunanya menelepon. Di ketinggian ini, kedua perangkat masih cukup kuat dan tidak terlalu banyak mengalami goresan.

Uji jatuh ketiga di ketinggian 10 kaki, iPhone 6 langsung mengalami kerusakan di bagian kameranya, sedangkan aluminium dan layarnya masih terlihat tak bermasalah. Galaxy S6 Edge yang dijatuhkan berikutnya dan mendarat di bagian belakangnya tidak mengalami goresan dan kerusakan apapun.

Rangkaian uji jatuh berikutnya dilakukan untuk mengetahui kekuatan layarnya dengan level ketinggian serupa. iPhone 6 mengalami gangguan sewaktu pertama dijatuhkan pada ketinggian 1 meter, sementara Galaxy S6 Edge masih tetap utuh.

Di tes berikutnya, pada ketinggian kepala orang dewasa, layar iPhone 6 pecah dan retak hampir memenuhi layarnya tetapi masih tetap bekerja secara normal. Galaxy S6 Edge mendapatkan beberapa goresan ketika uji jatuh di ketinggian ini.

Terakhir, iPhone 6 mengalami kerusakan yang parah di bagian layarnya bahkan sampai menganga walaupun masih tetap bisa bekerja secara baik. Galaxy S6 Edge mengalami kerusakan dibagian atasnya namun tetap tak mengganggu pemandangan yang ditampilkan di layar ponsel bahkan di bagian belakang tak ada kerusakan yang berarti. Hal itu disebutkan berkat perlindungan Gorilla Glass 4 besutan Corning yang ada di handset ini.

Tak cukup puas dengan uji jatuh, penguji dua handset itu menjalankan tes bonus yakni dengan menggilasnya menggunakan mobil berkecepatan sedang. Setelah dilindas mobil, iPhone terlihat tak lagi menyala sedangkan Galaxy S6 Edge masih bisa menyala dan bekerja secara normal meskipun bentuknya sudah mulai rusak parah.

Penasaran? Saksikan videonya di bawah ini.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.