Sukses

Line Bakal Luncurkan Smartphone?

Direktur Utama Line mengaku sedang mempertimbangkan untuk membuat smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Platform pesan mobile asal Jepang, Line, telah memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Perusahaan itu berhasil tumbuh besar dengan pendapatan mencapai US$ 656 juta sepanjang 2014.

Line mencoba mengkolaborasikan dengan berbagai layanan mobile di platform pesan instan yang disediakannya. Sebut saja Lets Get Rich yang menjadi permainan di Line dan cukup digemari banyak pengguna perangkat smartphone dan tablet.

Perusahaan itu disebutkan bakalan mencoba peruntungan bisnis dengan menghadirkan smartphone Line. Takeshi Idezawa yang menjabat sebagai Direktur Utama Line mengaku perusahaanya sedang 'mempertimbangkan hal tersebut' ketika dikonfirmasi soal smartphone Line.

Akan tetapi, dalam wawancara yang dilakukannya dengan Wall Street Journal, Takeshi memaparkan perusahaan belum memiliki rencana memproduksi ponsel dan Line pun tidak tertarik untuk menjadi produsen hardware. Perusahaan asal Negeri Matahari Terbit ini memang lahir sebagai pembuat software dan tak berpengalaman sebagai pembuat hardware.

Namun, itu bukan sebuah penghalang karena Line masih bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan lain untuk membuatkan handset khusus yang disesuaikan keinginannya. Langkah serupa pernah dilakukan oleh Facebook dengan vendor smartphone ketika menghadirkan ponsel berlabel 'Facebook phone'.

Label 'Line' yang tersemat di handset kemungkinan bisa menjadi pembeda smartphone besutannya dengan produk lain. Smartphone memang sekarang ini sedang menjadi produk yang cukup berkembang di industri teknologi dunia. Wajar bila banyak perusahaan melirik jenis produk itu untuk menambah penghasilan.

Line sendiri menjadi perusahaan yang memiliki aneka layanan di platform mobile miliknya dari mulai pemesanan taksi, game mobile bahkan manajemen bisnis. Karakter lucu yang dimiliki Line pun menjadi komoditas bagi pembuat aksesoris untuk menghadirkan berbagai bentuk produk untuk penggemar karakter Line.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.