Sukses

Apple Sukses Kuasai Kampung Halaman Xiaomi

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa Apple telah mampu menggeser Xiaomi yang sebelumnya menguasai pasar smartphone di Tanah Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta Apple meraih berbagai prestasi berkat perangkat smartphone terbarunya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Magnet besar yang ada di iPhone 6 membuat Apple mampu berjaya di berbagai negara, termasuk di China.

Laporan terkini mengungkapkan bahwa Apple telah mampu menggeser Xiaomi yang sebelumnya menguasai pasar smartphone di Tanah Tiongkok. Raihan tersebut didapat Apple berkat penjualan iPhone teranyar yang mencapai rekor tertinggi.

Seperti yang dilansir laman Market Watch, Apple tercatat mampu menguasai 27,6% pangsa pasar smartphone di negeri Tirai Bambu. Laporan tersebut sejalan dengan hasil riset yang dirilis oleh Kantar.

Hasil riset yang dilansir Kantar menyebutkan hingga akhir bulan Februari lalu iPhone 6 telah menjadi smartphone paling laris di wilayah urban China dengan pangsa 10,2%. Menyusul Xiaomi Redmi Note di posisi kedua dan diikuti oleh iPhone 6 Plus di posisi ketiga. Disebutkan pula bahwa Penjualan iPhone di China paling banyak berasal dari operator seluler China Mobile Ltd.

Data laporan terbaru itu tampak kontras dengan pangsa pasar yang dimiliki iPhone di tanah kelahirannya, Amerika Serikat. Di sana, pangsa pasar iPhone tercatat hanya 38,8% di bulan Februari lalu, jumlah itu mengalami penurunan dari 39,3% di periode yang sama setahun sebelumnya. Meski begitu, iPhone 6 masih menjadi smartphone paling laris di antara smartphone lainnya.

Apple diprediksi bakal menghadapi persaingan lebih sengit beberapa bulan ke depan mengingat sejumlah smartphone flagship Android mulai dirilis. Samsung Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, HTC One M9, hingga LG G4 akan muncul sebgai pesaing berat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dalam meraih angka penjualan di pasar.

(den/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.