Sukses

Melihat Aksi Perdana Pesawat Canggih Bertenaga Surya

Belum lama ini pesawat canggih bertenaga surya diterbangkan untuk kali pertamanya di Abu Dhabi.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Belum lama ini pesawat bertenaga surya diterbangkan untuk kali pertamanya di Abu Dhabi. Langkah ini dilakukan untuk mempromosikan energi hijau (energi ramah lingkungan), sekaligus menguji kemampuan pilot.

Andre Borschberg, pilot berpengalaman dari Swiss yang menerbangkan jet canggih ini lepas landas pada pukul 07:12 waktu setempat (0412 GMT) dari bandara Al-Bateen menuju ke Muscat, ibukota Oman.

Mengutip laman Telegraph, Selasa (7/4/2015), ia terbang dengan pesawat bernama Solvay (Solar Impulse) ini bersama sang pendiri Solvay, Bertrand Piccard.

Solar Impulse plane (telegraph.co.uk)

Dari Muscat, Borschberg menuturkan akan melakukan 12 pemberhentian pada sebuah perjalanan epik selama lebih dari lima bulan, dengan total waktu penerbangan sekitar 25 hari.

Dalam perjalanannya, Borschberg akan menyeberangi Laut Arab ke India sebelum menuju ke Burma, China, Hawaii, dan New York. Pesawat ini sendiri didukung oleh lebih dari 17.000 sel surya yang menempel di sayapnya.

Berkat desain yang inovatif, pesawat ini hanya memiliki berat 2,3 ton. Borschberg dan Piccard diharapkan akan kembali ke Abu Dhabi pada akhir Juli atau Agustus 2015.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini