Sukses

Dukung UKM Tanah Air, Google Apps for Work Pangkas Harga

Layanan Google Apps for Work sendiri meliputi layanan email profesional, penyimpanan online, kalender bersama dan tools untuk rapat video.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data yang dmiliki Google, ada sekitar 55 juta UKM di Indonesia. Namun sayang, hanya ada sekitar 75 ribu --kurang dari 1%-- di antaranya yang sudah memanfaatkan dan berjalan di atas platform internet (online)

Guna menggenjot penggunaan ekosistem internet bagi UKM di Tanah Air, Selasa (7/4/2015), Google mengumumkan pemangkasan harga sebesar 40% untuk layanan Google Apps for Work. Kini para pelaku bisnis UKM Indonesia dapat memanfaatkan rangkaian tools produktivitas online dari Google hanya dengan harga US$ 30 --turun dari US$ 50-- per pengguna selama satu tahun penuh.

"Dengan menurunkan harga Google Apps for Work agar lebih terjangkau di Indonesia, kami ingin memudahkan perusahaan kecil agar menggunakan rangkaian tools online dari Google. Membuat mereka tetap fokus menjalankan bisnis, bukan disibukkan mengurusi sektor TI perusahaan," ujar Google for Work Managing Director untuk wilayah Asia Pasifik, Kevin Akhurst, via komunikasi webcam Google Hangouts.

Layanan Google Apps for Work sendiri meliputi layanan email profesional, penyimpanan online, kalender bersama dan tools untuk rapat video menggunakan produk-produk Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, dan Hangouts.

"Dengan layanan ini pemilik bisnis akan mendapatkan email resmi untuk perusahaannya, fleksibilitas untuk bekerja kapan saja, dari perangkat apa saja, serta jaminan kontrol dan keamanan," lanjut Kevin.

Menariknya lagi, bagi para pemilik bisnis UKM di Indonesia, Google juga menawarkan paket berlangganan bulanan yang lebih fleksibel. Paket bulanan ini dapat dinikmati hanya dengan biaya US$ 3 per orang untuk masa penggunaan satu bulan.

"Persyaratannya mudah. Pengguna harus berdomisili di Indonesia dan membayar menggunakan kartu kredit atau debit yang diterbitkan oleh bank di Indonesia," jelas Jason Tedjakusuma, Communications Manager Google Indonesia.

Untuk operasionalnya sendiri, Google menyediakan dukungan 24/7 untuk permasalah teknis dan non teknis. Dengan begini, pemilik binis UKM tak perlu repot mengelola hadrdware, perbaikan software, ataupun update keamanan.

Layanan Google Apps for Work pun dapat dicoba terlebih dulu secara gratis menggunakan versi trial-nya bagi 10 pengguna (dalam satu perusahaan) selama satu bulan.

(dhi/isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.