Sukses

Masuki Era 4G, Ini yang Harus Dilakukan Operator Seluler

Berbagai pihak bersiap untuk memasuki era internet cepat yang tentu bakal mengubah cara dan pola masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Era 4G menyongsong Indonesia. Berbagai pihak bersiap untuk memasuki era internet cepat yang tentu bakal mengubah cara dan pola masyarakat Tanah Air dalam berkomunikasi maupun beraktivitas dalam kesehariannya.

Dian Siswarini selaku Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata Tbk (XL) menyebutkan hal yang perlu dilakukan operator telekomunikasi yang ingin masuk ke industri 4G ialah mengerti betul apa yang dimaksud ekosistem yang ada pada teknologi komunikasi generasi terkini itu.

"Pemain 4G harus memahami betul pengertian ekosistem 4G. Di teknologi komunikasi ini penyedia jaringan harus tahu device apa yang akan dipakai di network-nya, konten apa yang bisa dipakai, dan kebutuhan end-user mereka," kata Dian di acara Delivering Benefit Mobile Broadband Benefit to Indonesia di Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Lebih lanjut, Dian memaparkan dua langkah utama yang perlu dilakukan operator dalam memahami ekosistem yang ada di era 4G. Pertama, operator harus memiliki pola pikir yang berbeda dan terbuka terhadap konten sebagai bagian penting dalam industri 4G di Indonesia.

"Konten itu alasan orang mau menggunakan mobile broadband. Kita sebagai operator harus terbuka terhadap penyedia konten karena sebenarnya secara natural kreativitas itu tidak ada di DNA operator telekomunikasi secara natural. Konten itu sesuatu yang sangat berbeda, product cycle-nya berbeda begitu juga dengan behavior-nya," tambah Dian.

Kedua, operator telekomunikasi disarankan untuk berkolaborasi dan membuka pintu seelebar-lebarnya kepada penyedia konten.

"Kita nggak boleh lagi pintunya cuma satu dan mempuyai governance yang rigid, dimana membuat integrasi terhadap network-nya memerlukan waktu yang sangat lama. Dua mindset ini sangat penting kalau kita mau masuk ke dunia konten," ujarnya.

Wanita yang baru saja secara resmi menjabat sebagai pucuk pimpinan XL itu mengaku perusahaannya telah melakukan beberapa persiapan untuk menyongsong industri konten yang akan dibutuhkan di era 4G.

Toko aplikasi Gudang Aplikasi dan e-Commerce Elevenia diklaim sebagai langkah awal XL dalam menghadapi era 4G yang segera berlangsung secara optimal di Tanah Air.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini