Sukses

10 Game Fighting Terbaik Sepanjang Masa

Apakah game fighting favoritmu masuk ke daftar sepuluh game fighting terbaik di sepanjang masa?

Liputan6.com, Jakarta - Gamer mana sih yang tidak pernah memainkan game fighting? Eksistensi game ini sudah memulai debutnya sejak lama dan mampu mendulang popularitas game dengan genre yang paling banyak digandrungi para gamer sampai dengan sekarang.

Diperkenalkan di era 1970an, game fighting mulai menjamuri para gamer dengan menyajikan gameplay aksi tarung yang menantang dan menampilkan arena tarung on-screen yang statis namun terlihat realistis.

Kali ini, tim Tekno Liputan6.com akan mengajak para gamer untuk melihat deretan sepuluh game fighting terbaik yang ada di sepanjang sejarah video game. Tentunya, judul-judul game ini mampu mencuri perhatian para gamer, lantaran menyajikan gameplay fighting yang menarik dan seru untuk terus menerus dimainkan. Well, siapa tahu game favoritmu juga ada di daftar game fighting ini. Melansir laman Ranker, berikut daftar sepuluh game fighting terbaik sepanjang masa.

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tekken 5


10. Tekken 5 (2004)

Seri kelima dari Tekken ini menduduki posisi kesepuluh. Siapa yang tidak kenal game fighting populer besutan Bandai Namco ini? Tekken 5 hadir pada akhir tahun 2004 untuk mesin Arcade dan dirilis untuk konsol PS2 (PlayStation 2) pada awal tahun 2005. Popularitas Tekken 5 mampu mengalahkan dua seri Tekken yang sebelumnya hadir untuk konsol PS2, yakni Tekken Tag Tournament dan Tekken 4.

Di seri kelima Tekken ini, gameplay fighting Tekken kembali ke `akar` game Tekken yang sebagaimana mestinya. Sistem pertarungan yang disajikan lebih cepat dan bahkan lebih praktis. Tampilan grafik yang diperlihatkan pun sangat sempurna untuk ukuran konsol PS2 dan mesin Arcade.

Tekken 5 merupakan game Tekken pertama yang menampilkan fitur dimana para pemainnya bisa mengkustomisasikan para petarungnya, termasuk merubah warna kulit, pakaian dan merubah penampilan lainnya.

Tekken 5 juga merupakan seri Tekken pertama yang menghadirkan Jinpachi Mishima sebagai final boss game fighting ini, ayah dari karakter antagonis serial Tekken, Heihachi Mishima. Karakter populer dari seri Tekken 5 termasuk Jin Kazama, Raven, Kazuya Mishima, Jinpachi Mishima, Heihachi Mishima dan Asuka Kazama.

Tekken 5 pun sempat menghadirkan seri update-nya untuk platform PSP (PlayStation Portable) dengan judul Tekken 5: Dark Resurrection.

>>> Selanjutnya

3 dari 11 halaman

Marvel vs. Capcom 2: Age of New Heroes

9. Marvel vs. Capcom 2: Age of New Heroes (2003)

Game ini tentunya menjadi game fighting idaman para pencinta karakter superhero Marvel dan penggemar game-game Capcom. Game ini dirilis secara multiplatform pada tahun 2003, awalnya hanya untuk mesin Arcade dan platform Sega Dreamcast, namun PS2 dan Xbox pun kebagian jatah rilis game ini juga.

Di seri kedua Marvel vs. Capcom ini, para pemain harus memilih tiga petarung dari roster karakter gabungan dunia Marvel dan Capcom. Uniknya, Anda bisa menggabungkan karakter Capcom dan Marvel menjadi satu tim.

Bayangkan, Anda memainkan Jill dari Resident Evil serta Captain America dan Spiderman di satu sekutu. Kontrol game ini mirip dengan game Street Fighter, namun game ini tetap tampil menarik karena memiliki kontrol yang mudah dan gameplay yang menantang, seperti Anda harus siap sedia melawan musuh Anda yang bisa berganti setiap saat. Mengingat game ini merupakan tag fight, dimana Anda bisa melakukan switch karakter lainnya untuk tetap beraksi melawan musuh.

>>> Selanjutnya

4 dari 11 halaman

Street Fighter II

8. Street Fighter II (1992)

Street Fighter termasuk judul game populer yang mampu mencuri hati para penggemarnya di era 1990an. Uniknya, game yang digarap Capcom ini hanya hadir untuk mesin Arcade pada tahun 1992, mengingat memang era tersebut merupakan era dimana game Arcade sangat berkembang dengan pesat.

Game ini juga memiliki gameplay fighting yang praktis dan sangat mudah, Anda harus bertarung melawan musuh di sepuluh ronde berturut-turut untuk memenangkan pertarungan. Karakter yang populer dari seri game ini adalah Ryu, Chun-Li, E-Honda dan Guile.

>>> Selanjutnya

5 dari 11 halaman

Soulcalibur II

7. Soulcalibur II (2002)

Game fighting besutan Namco (yang sekarang Bandai Namco) ini hadir untuk PS2, Nintendo GameCube dan juga mesin Arcade pada tahun 2002. Game ini memiliki peningkatan gameplay yang bisa dibilang lebih signifikan dari seri sebelumnya yang sempat hadir untuk Arcade dan juga Sega Dreamcast.

Inovasi peningkatan gameplay yang hadir di game ini yakni memperlihatkan karakter yang bisa bertarung dengan sistem "step" dan "avoid", selain itu game ini juga mampu menampilkan fitur guard break, clash system dan juga soul charge system.

Beberapa karakter yang populer dari seri kedua Soulcalibur ini adalah Astaroth, Cervantes, Cassandra, Seung Mina, Taki, dan masih banyak lagi.

>>> Selanjutnya

6 dari 11 halaman

Tekken 3

6. Tekken 3 (1997)

Seri ketiga Tekken ini menduduki posisi keenam game fighting terbaik sepanjang masa dan bahkan mampu mengalahkan popularitas Tekken 5. Meskipun Tekken 1 dan 2 hadir lebih dulu untuk konsol PS1, namun Tekken 3 lebih mencuri perhatian para gamer dan menjadi salah satu game Tekken terpopuler dan paling laris di masanya.

Jelas saja, game ini mampu menampilkan gameplay fighting yang lebih stabil dan menarik dari kedua seri Tekken sebelumnya. Selain itu, tampilan grafik yang diperlihatkan juga jauh lebih baik. Pun demikian, sistem tarung Tekken 3 masih tetap mengimbangi konsep sistem tarung yang ada di kedua seri sebelumnya.

Beberapa karakter populer pun dipekernalkan di Tekken 3, seperti Xiaoyu, Mokujin, Gon, Jin Kazama, Hwoarang dan masih banyak lagi. Boss terakhir di seri ketiga game ini adalah Ogre.

>>> Selanjutnya

7 dari 11 halaman

Street Fighter III: 3rd Strike

5. Street Fighter III: 3rd Strike (1999)

Seri ketiga Street Fighter kembali menarik khalayak ramai jagat industri video game pada tahun 1999. Game ini pertama kali hadir untuk mesin Arcade, namun Capcom memutuskan untuk merilis kembali Street Fighter III untuk konsol PS2 dan Xbox.

Street Fighter III menghadirkan sistem grade-based "Judgement System", dimana para pemain yang memenangkan pertarungan secara single atau two-player dapat dinilai setelah pertarungan berdasarkan Offense, Defense, Techniques dan Extra Points.

Game ini menampilkan roster para petarung sampai dengan 20 karakter, termasuk Akuma sebagai karakter reguler, bersama dengan karakter kawakan lainnya, Chun-Li, Makoto, Ryu, dan lainnya.

>>> Selanjutnya

8 dari 11 halaman

Super Smash Bros. Melee

4. Super Smash Bros. Melee

Game besutan Nintendo ini menduduki posisi keempat. Ya, akhirnya ada juga game fighting yang digarap Nintendo dan mampu melejit karena gameplay fighting-nya tergolong unik dan menarik. Super Smash Bros. Melee dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2001.

Game ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan game fighting traditional lainnya yang lebih memperlihatkan aksi tarung martial art dan menimbulkan banyak damage. Para pemain harus mengontrol karakternya dan melawan musuhnya dari jarak jauh. Health dari karakter yang ada diukur dari persentase damage yang diperlihatkan, semakin tinggi damage persentase yang diperlihatkan, semakin mudah kesempatan karakter tersebut untuk dikalahkan.

Jajaran karakter di game ini pun tergolong unik dan tampil lucu, sebut Mario, Link dari seri game Zelda, Marth dan Roy dari seri game Fire Emblem, bahkan sampai karakter Pokemon pun hadir di game ini.

>>> Selanjutnya

9 dari 11 halaman

Mortal Kombat II

3. Mortal Kombat II (1993)

Seri kedua Mortal Kombat ini dikembangkan oleh Midway Games dan hadir untuk mesin Arcade dan juga Sega Genesis pada tahun 1993. Mortal Kombat II tentunya mengadaptasi gameplay fighting yang serupa dari Mortal Kombat I. Namun, ada beberapa perubahan di standard move setiap karakternya. Bagaimanapun, game ini tetap memprimadonakan aksi Fatality sadis yang hadir di setiap karakternya.

Mortal Kombat memang sangat terkenal dan menjadi game kontroversial karena memperlihatkan aksi tarung yang begitu brutal dan sadis, meskipun dikemas dengan tampilan grafik yang cukup sederhana pada saat itu.

Liu-Kang, Johnny Cage, Sonya, Sub-Zero, Raiden, Scorpion kembali di turnamen kedua Mortal Kombat ini. Beberapa karakter yang memulai debutnya di game ini termasuk Baraka, Jax, Kitana, Kung Lao dan Mileena.

>>> Selanjutnya

10 dari 11 halaman

Super Street Fighter II

2. Super Street Fighter II (1993)

Super Street Fighter II merupakan seri keempat dari sub-seri Street FIghter II, termasuk Street Fighter II: Hyper Fighting. Game yang kembali digarap oleh Capcom ini pada awalnya dirilis untuk mesin Arcade, lalu hadir kembali untuk konsol PS1, Sega Saturn dan Sega Genesis.

Karakter dan gameplay yang hadir pun memiliki peningkatan secara total. Game ini juga menghadirkan fitur ekslusif tournamesingle-elimination tournament mode sampai dengan delapan pemain. Mode turnamen di game ini juga memiliki tiga jenis pertarungan: the initial eliminations, the semifinals dan the finals.

Ryu dan Chung-Li pun tentunya kembali hadir di Super Street Fighter II, termasuk bersama 10 karakter lainnya yang hadir di seri tersebut. Empat karakter baru pun masuk di roster kali ini, mereka termasuk T.Hawk, Cammy, Fei Long dan Dee Jay.

>>> Selanjutnya

11 dari 11 halaman

Mortal Kombat

1. Mortal Kombat Reboot (2011)

Banyak yang mengira Mortal Kombat yang dirilis pada 2011 ini merupakan lanjutan dari Mortal Kombat Armageddon. Secara teknis, memang benar. Namun, seri Mortal Kombat kali ini merupakan seri reboot yang dikembangkan oleh NetherRealm Studios dan Warner Bros untuk PS3, Xbox 360 dan PC.

Secara gamblang, Mortal Kombat Reboot menceritakan reka ulang kejadian yang terjadi di Mortal Kombat 1 sampai dengan Mortal Kombat 3, jauh sebelum kejadian di Mortal Kombat Armageddon. Pun demikian, meskipun game ini di-reboot, lewat tangan sang Director alias bapak `Mortal Kombat`; Ed Boon, game ini tetap menampilkan cita rasa Mortal Kombat yang orisinil dalam tampilan grafik yang sangat memukau. Meskipun storyline di game ini agak sedikit dirombak. Adegan Fatality yang diperlihatkan pun terlihat semakin brutal namun tetap memperhatikan elemen klasik dari game Mortal Kombat.

Mortal Kombat Reboot mendapatkan respon yang sangat positif dari para penggemarnya, game ini pun menjadi salah satu game paling laris yang ada di sejarah game fighting.

 (jek/dew)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.