Sukses

Apple Habiskan Ratusan Miliar Untuk Iklan Apple Watch

Demi mengiklankan jam tangan pintar Apple Watch, Apple rela merogoh dana ratusan miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Kiat Apple dalam mempromosikan jam tangan pintarnya memang bisa dibilang sangat gencar dan tidak main-main. Buktinya, perusahaan tersebut ternyata telah mengiklankan produk Apple Watch di ranah iklan televisi primetime Amerika Serikat.

Tak tanggung-tanggung, Apple menghabiskan dana sebesar US$ 380 juta atau sekitar Rp 490 miliar untuk biaya iklan tersebut.

Mengutip laman Reuters, Minggu (12/4/2015), jumlah tersebut diambil berdasarkan data iSpot.tv, sebuah perusahaan yang melacak iklan TV dan respon digital. Nilai tersebut sangatlah besar bagi pihak Apple dan memang lebih kecil dari dana yang dikeluarkan Apple ketika mengiklankan iPhone 6 dan iPhone 6 plus.

Alex Gauna, seorang analis dari program statistik JMP, mengungkap alasan mengapa Apple sampai bisa menghabiskan dana yang sangat besar untuk promosi iklan Apple Watch. Ia menjelaskan bahwa Apple Watch merupakan produk yang tergolong baru dan masih kurang familiar di telinga para pengguna perangkat teknologi.

"iPhone 6 memang sudah familiar karena orang-orang sudah tahu nama `iPhone`, tetapi Apple Watch merupakan kategori produk baru yang kurang familiar. Masuk akal jika mereka sangat intens memasarkan produk tersebut di ranah iklan," tutur Gauna.

Apple Watch akan hadir dalam tiga jenis: Standard, Sport dan Edition. Jam tangan pintar ini akan hadir dengan berbagai macam pilihan desain tali yang berbeda. Harga paling rendah yang dibanderol untuk jam tangan ini berkisar mulai dari Rp 3,5 juta untuk cangkang berbahan aluminium.

Apple Watch akan tiba di gerai Apple seluruh dunia pada 24 April mendatang.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.