Sukses

Ini Dia Sosok Wanita di Balik `Robot Hijau` Android

Logo robot hijau Android terinspirasi dari simbol toilet pria dan wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai sistem operasi unggulan, nama besar Android sudah melekat erat dengan perusahaan teknologi raksasa Google. Namun tahukan Anda jika Logo Android ternyata terinspirasi dari tanda yang ditemui pada pintu toilet umum? 

Adalah Irina Blok, sosok desainer wanita yang memiliki ide awal di balik pembuatan logo sistem operasi berlogo 'robot hijau' itu.

Irina Blok

Menurut keterangan yang dilansir laman Business Insider, Selasa (14/4/2015), Irina dan tim desainer Google diminta untuk menciptakan logo untuk Android dengan tema besar penggunaan mobile dan di dalamnya mengandung unsur robot pada tahun 2010.

Irina pun mulai mempelajari sejumlah karakter dari film, berbagai karakter mainan bergenre sci-fi, hingga segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Sayangnya upaya tersebut tidak juga membuahkan inspirasi.

Hingga pada akhirnya ia mendapat inspirasi dari simbol toilet pria dan wanita yang kerap ditemui saat hendak memasuki kamar kecil. Ia pun mulai bermain dengan gambar simbol toilet dan menambahkan sepasang antena di bagian atas kepala.

(ilustrasi)

Dalam sesi wawancara dengan New York Times, Irina menyebut kunci utama dalam membuat logo yang dapat dikenang terletak pada kesederhanan dan sifatnya yang abadi. Dua hal tersebut merupakan yang paling sulit untuk dicapai.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.