Sukses

Menkominfo: Saya Akan Dorong Terus Implementasi 4G

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyegerakan penataan ulang frekuensi 1.800 MHz untuk 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, akan terus mendorong implementasi layanan 4G Long Term Evolution (LTE). Salah satu upayanya dengan menyegerakan penataan ulang frekuensi 1.800 MHz, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk layanan 4G.

Untuk penataan ulang frekuensi 1.800 MHz, akan mulai digelar pada awal bulan depan hingga akhir 23 November 2015 dengan total 42 cluster. Penataan akan dimulai dari Maluku dan berakhir di Jakarta pada akhir tahun.

Para operator akan menggunakan metode step-wise, yaitu pindah bersama-sama secara bergantian. Setelah itu diharapkan layanan 4G di spektrum tersebut sudah bisa komersil. Operaotr-operator tersebut adalah Telkomsel, XL, Indosat dan Tri.

"Operator pekan lalu sudah sepakat untuk refarming, karena itu kita akan mulai penataan ulang 1.800 MHz. Komitmen saya dari awal sudah jelas yaitu akan terus mendorong implementasi 4G," kata Rudiantara di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (13/4/2015).

Seperti diketahui, 1.800 MHz adalah salah satu spektrum frekuensi yang bisa dimanfaatkan untuk layanan 4G LTE di Indonesia. Saat ini, para operator sudah menggelar layanan 4G LTE komersial pada frekuensi 900 MHz.

Frekuensi lainnya adalah 2.1 GHz. Namun untuk 2.1 GHz, saat ini masih ada selebar 10 MHz yang masih belum dialokasikan.

"Semester 2 ini kita akan buat kebijakan soal 2.1 GHz itu, apakah akan dilelang atau tender," ungkap Rudiantara.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini