Sukses

Meme Diharamkan di Rusia

Pembatasan penggunaan meme di Rusia ini sendiri diyakini sebagai tindak lanjut dari gugatan penyanyi lokal Valeri Syutkin terhadap Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Rusia telah mensahkan sebuah aturan baru yang melarang para pengguna internet, khususnya pengguna media sosial, menyebarkan meme.

Dilansir laman Metro, Rabu (15/4/2015), Roskomnadzor alias lembaga sensor internet Rusia mengumumkan bahwa menyebarkan meme yang menampilkan sosok terkenal di dunia maya adalah tindakan ilegal. Apalagi jika meme tersebut dibuat dan disebarkan dengan tujuan mengejek.

"Penggunaan gambar orang tersohor (dalam bentuk meme) termasuk pelanggaran hukum yang menyalahi aturan data pribadi dan merugikan kehormatan, martabat, serta kepentingan dari para tokoh masyarakat," tulis Roskomnadzor dalam pengumumannya.

Regulasi terkait pembatasan penggunaan meme di Rusia ini sendiri diyakini sebagai tindak lanjut dari gugatan penyanyi lokal Valeri Syutkin terhadap Wikipedia.

Beberap waktu lalu Wikipedia memang sempat memajang foto meme Syutkin yang dibubuhi dengan lirik lagu penyanyi lain yang dianggapnya sangat memalukan.

Beberapa waktu belakangan juga kerap tersebar sejumlah meme lelucon yang menampilkan Presiden Rusia Valdimir Putin.

Internet meme sendiri pada dasarnya adalah posting-an berbentuk foto, video atau sekadar kata dan ungkapan yang menjadi terkenal melalui internet.

Internet meme ini cukup banyak tersebar di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Path. Terutama ketika tengah terjadi kejadian besar atau ada isu-isu menarik, maka akan banyak meme bertebaran di internet.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.