Sukses

Belajar Hadapi UN Lewat `Bocoran` Soal UN di Internet

Berbagai pembahasan soal ujian nasional baik berupa soal try out maupun berupa pembahasan bocoran bisa didapat di blog ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Ujian Nasional (UN), para siswa memang biasanya rajin berlatih mempelajari soal-soal UN dari tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi untuk menghadapi UN yang sebenarnya. Berkat internet, belajar kini jadi lebih mudah.

Di blog pak-anang.blogspot.com, terdapat `bocoran` soal-soal UN untuk SMA SMK tahun 2015. Blog ini membagikan pembahasan dari soal yang telah disusun sesuai SKL Kisi-Kisi UN 2015 sebagai bahan latihan menyongsong UN 2015 yang sebenarnya.

Situs blog ini membagikan link menuju file berlabel 'Dokumen Rahasia' dan juga membagikannya melalui akun sosial media Twitter maupun Facebook milik Pak Anang. Berbagai pembahasan soal ujian nasional baik berupa soal try out maupun berupa pembahasan bocoran bisa didapat di blog ini. 

Di akun Faceboook Pak Anang, sebelum UN berlangsung, akun Pak Anang juga memberikan contoh tampilan soal online Ujian Nasional 2015 CBT (Computer Based Test). Siapakah sosok Pak Anang?

Di blognya, Pak Anang mencantumkan diri sebagai pria yang bekerja di bidang pendidikan. Di halaman itu pula ia menuliskan dirinya berada di kota Gresik, Indonesia. Hingga berita ini diturunkan, kami belum bisa menghubungi pemilik blog.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengirimkan surat kepada Google untuk menindaklanjuti kebocoran 30 paket soal Ujian Nasional (UN) 2015 yang tersebar via layanan berbagi dokumen Google Drive. Kemendikbud meminta bantuan Google untuk memblokir seluruh akses ke laman Google Drive yang memuat bocoran soal UN 2015 tersebut.

Bocoran soal UN tingkat sekolah menengah atas (SMA) yang diunggah ke Google Drive diakui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan sebagai soal yang dipakai pada tes tahun 2015. Soal itu merupakan 0,25% dari seluruh varian soal yang dicetak pihak Kemendikbud.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti siapa sosok penyebar bocoran soal UN tersebut. Pihak Kepolisian mengaku akan terus melakukan penelusuran terkait berbagai kecurangan dan kebocoran soal UN yang terjadi pada tahun 2015 ini. Kemungkinan, pihak kepolisian juga akan melakukan penelusuran terhadap pembocor melalui link Google Drive ini.

Memang, pelaksanaan UN setiap tahunnya dilakukan dengan pengawalan ketat dan melibatkan pihak kepolisian agar tiap soal yang akan diujikan kepada siswa tetap terjaga kerahasiaannya. Namun, kehadiran teknologi sepertinya perlu menjadi bagian dari pengamanan yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengamankan soal Ujian Nasional.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini