Sukses

Sasar Startup, Layanan Cloud Amazon Diklaim Ekonomis

Amazon Web Service menyiapkan program khusus untuk membantu pasar UKM dan startup memajukan usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu lokasi paling subur dalam hal perkembangan usaha kecil menengah (UKM) dan perusahaan pemula alias startup. Perusahaan asal Amerika Serikat, Amazon melihat peluang besar dari pertumbuhan UKM dan startup ini.

Untuk mengekspansi industri UKM dan startup di Indonesia yang tumbuh subur tersebut, Amazon menghadirkan Amazon Web Services (AWS). AWS datang ke Indonesia sebagai penyedia layanan cloud computing yang diklaim dapat membantu perusahaan dalam melakukan efisiensi.

"Membangun infrastruktur biayanya besar. Selain itu juga ada usia pakainya. Ditambah lagi tiap kebutuhan, bisa beda-beda infrastruktur yang dibutuhkan," ujar Richard Harshman, Head of AWS ASEAN di Jakarta.

Demi menggaet pasar, AWS menyiapkan program khusus untuk membantu pasar UKM dan startup memajukan usahanya. Program khusus yang disediakan AWS itu dibuat dengan menggandeng sejumlah perusahaan seperti East Ventures, Idea Box Indosat, dan South Mountain Asia.

Agar perusahaan UKM dan startup lebih tertarik menggunakan layanannya, AWS menyediakan sistem pemasaran yang cukup menggoda. Perusahaan itu menggunakan sistem ‘pay as you go’ yang membuat pelanggannya hanya membayar sesuai kebutuhan sewaktu memakai layanan cloud AWS.

"Tak perlu kontrak jangka panjang. Pakai AWS, pay as you go, konsumen cukup bayar sesuai kebutuhannya. Penawaran semacam ini sangat cocok untuk UKM dan startup yang masih meniti bisnisnya," jelas Richard.

Richard mengklaim sejumlah perusahaan asal Indonesia telah mempercayakan bisnis miliknya ke layanan cloud AWS, perusahaan tersebut antara lain Vidio.com, Traveloka, Blibli, Rumah123, Berrybenka, serta beberapa perusahaan lain.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.