Sukses

Lupa Menaruh Smartphone? Cari di Google

Sekarang pengguna Android bisa memanfaatkan mesin pencarian Google untuk menemukan ponselnya yang hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya kesibukan di tengah aktivitas sehari-hari kerapkali membuat kita lupa meletakkan smartphone. Alhasil, kita kelimpungan mencari dimana lokasi terakhir kita meletakkan ponsel yang sekarang ini sudah memiliki posisi sangat penting dalam keseharian.

Google membuat mesin pencariannya memiliki kemampuan untuk memudahkan pengguna perangkat Android menemukan kembali ponsel yang tiba-tiba menghilang karena lupa lokasi penyimpanannya. Demikian informasi yang dilansir Phone Arena, Sabtu (18/4/2015).

Pengguna hanya perlu menuliskan 'find my phone' di tab yang biasa digunakan untuk memasukkan kata kunci pencarian. Setelah itu, Google akan langsung mengarahkan pengguna ke laman peta lokasi ponsel itu berada lengkap dengan dua menu tambahan yakni menderingkan ponsel serta mengunci dan menghapus data.

Fitur menderingkan ponsel tentu sangat berguna bagi pengguna yang memang sedang kesusahan menemukan perangkatnya akibat lupa. Ketika tulisan 'Ring' diklik maka ponsel akan mengeluarkan suara dering dalam volume maksimal selama 5 menit. Namun, Anda harus signin ke akun email yang telah terdaftar di smartphone terlebih dulu.

Sedangkan ketika penggunanya menekan menu 'lock and wipe my data', maka secara otomatis semua data yang ada di dalamnya akan terhapus. Fitur ini disediakan Google bagi pengguna yang merasa perangkat kesayangannya telah hilang dicuri atau tidak berhasil ditemukan.

Google juga memungkinkan cara yang sama dilakukan untuk menemukan perangkat jam tangan pintar yang berjalan di atas sistem operasi Android Wear buatannya. Jadi pengguna hanya perlu mencari ponselnya lewat laman Google di desktop ketika perangkat mobile miliknya tak berhasil ditemukan.

Selain melalui laman mesin pencarian Google, pengguna Android juga bisa memanfaatkan aplikasi Android Device Manager untuk menemukan perangkat mobile-nya yang hilang. Perusahaan itu mengklaim aplikasi ini telah sukses membantu 30 juta pengguna Android menemukan ponselnya kembali.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini