Sukses

Malacca EZ, Aplikasi Asuransi Berbasis Android dan IOS

Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada smartphone dan tablet merupakan terobosan luar biasa dari industri asuransi.

Liputan6.com, Jakarta Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS padasmartphone dan tablet merupakan terobosan luar biasa dari industri asuransi. Menurut Ekonom Universitas Indonesia, Prof. Sulastri Surono, aplikasi tersebut bisa menimbulkan gairah baru pada perasuransian di Indonesia. “Harus diakui, inovasi ini merupakan kemajuan. Industri asuransi memang harus melakukan terobosan agar tidak tertinggal perkembangan teknologi,” kata Sulastri.

Sulastri juga sependapat bahwa aplikasi tersebut membuat nasabah dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa mendukung pelayanan agar semakin prima. Misalnya saja dari sisi kecepatan, akurasi, dan kenyamanan. 

Walau demikian Sulastri mengingatkan, industri asuransi harus terus meningkatkan sistem proteksi terhadap kemungkinan ancaman dari luar. Ini tak lain karena aplikasi semacam ini rawan penyalahgunaan dan moral hazard dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.  

Psikolog Tika Bisono juga setuju bahwa aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah. Termasuk di antaranya nasabah tidak perlu repot membawa mobilnya yang tertabrak ke kantor asuransi untuk melakukan verifikasi.  

Namun Tika mengingatkan, peningkatan pelayanan melalui aplikasi tersebut dibarengi dengan peningkatan keterbukaan. Jangan sampai malah membuat nasabah kecewa, misalnya karena ada ketentuan yang tidak terinformasikan. “Tetapi secara umum, terobosan semacam itu memang bagus banget,” katanya.

Satu di antara aplikasi tersebut adalah Malacca EZ, yang diluncurkan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance. Seperti disampaikan Vientje Harijanto, CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, Malacca EZ memang memungkinkan nasabah bisa melakukan klaim dengan sangat mudah dan cepat. Saat terjadi klaim akibat kecelakaan, misalnya, nasabah cukup mengirim foto bagian mobil yang tertabrak/penyok melalui aplikasi tersebut. “Malacca Call Center Officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memproses lebih lanjut klaim tersebut,” katanya.

Menurut Vientje, Malacca EZ dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store & IOS App Store. Aplikasi asuransi kendaraan bermotor tersebut dapat diunduh oleh semua masyarakat Indonesia, baik nasabah baru maupun lama Malacca Trust Insurance. “Pengunduhan dapat dilakukan melalui Google Play Store & IOS App Store secara gratis,” kata Vientje.

Vientje menambahkan, aplikasi tersebut diluncurkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Melalui Malacca EZ, nasabah dengan mudah melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor. Tidak hanya ketika mengajukan klaim, namun juga mulai pembelian polis. Bahkan melalui aplikasi tersebut, nasabah juga bisa melihat layanan mobil derek, layanan ambulan, pemadam kebakaran, mencari kantor perwakilan Malacca Trust Insurance terdekat, mencari kantor polisi, atau memantau kendaraan yang sedang diperbaiki.

Menurut Vientje, aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk membeli asuransi bagi mobil baru saja, tetapi juga untuk mobil bekas dengan langkah yang sama mudahnya. “Nasabah tinggal memilih produk yang diinginkan. Apakah Comprehensive atau Total Loss Only,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini